Ilmu Dari PGSP Untuk Universitas Kanjuruhan Malang

Rabu, 12 April 2017 pukul 09.00 Parangtritis Geomaritime Science Park menerima kunjungan dari Universitas Kanjuruhan Malang. Kunjungan ini merupakan rangkaian Kuliah Kerja Lapangan dari Universitas Kanjuruhan Malang terkhusus pada jurusan Geografi. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan menjadi agenda tahunan dari Universitas Kanjuruhan Malang,  museum gumuk pasir sendiri merupakan destinasi edukasi yang diagendakan setiap tahunnya oleh Universitas Kanjuruhan Malang. Rombongan kunjungan sejumlah 182 orang yang terdiri dari mahasiswa geografi dan dosen. Untuk menciptakan keefektifan dalam kunjungan, peserta kunjungan dibagi menjadi 3 kelompok, agar memudahkan dalam penyampaian materinya.

Kunjungan

Pelaksanaan kunjungan diawali dengan pemutaran video mengenai pembentukan gumuk pasir yang dilanjutkan dengan pemaparan mengenai gumuk pasir. Setelah peserta menerima pemaparan dari pemateri, peserta diajak untuk berdiskusi, dalam sesi diskusi ini peserta diberi kesempatan untuk menanyakan berbagai hal mengenai geografi, gumuk pasir dan geospasial. Selanjutnya, kunjungan diakhiri dengan keliling museum , peserta kunjungan diajak mengelilingi museum untuk melihat berbagai alat dalam pembuatan peta serta segala hal mengenai gumuk pasir. Antusiasme peserta kunjungan sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh perserta kepada pemateri terkait alat-alat yang ada di museum dan berbagai hal mengenai gumuk pasir.

Manfaat yang dapat diambil dari kunjungan ini, peserta mendapatkan ilmu yang bisa dijadikan bahan penunjang dalam perkuliahan sekaligus dapat diterapkan di masyarakat sebagai bahan edukasi. Selain itu, Parangtritis Geomaritime Science Park juga menyediakan wahana hiburan yaitu berupa simulator drone dan sand boarding, yang mana peserta kunjungan dapat langsung menggunakan menikmatinya bahkan langsung mencoba sendiri mengoperasikan drone ataupun melakukan sand boarding. Jadi selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat peserta juga sekaligus bisa menikmati hiburan atau rekreasi yang disajikan oleh Parangtritis Geomaritime Science Park.