Survey Buku Geoekologi Kepesisiran dan Kemaritiman Jawa Tengah

Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP), mempunyai visi sebagai center of excellent for geospatial information technology, education, research and innovation di bidang kepesisiran dan kelautan. Untuk mewujudkan visi tersebut, Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) akan menyusun buku Geoekologi Kepesisiran dan Kemaritiman untuk Provinsi Jawa Tengah. Dalam rangka menyusun buku tersebut, PGSP melakukan survey di beberapa lokasi pantai yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Pada tanggal 27 September 2016, tim survey PGSP melakukan survey ke beberapa lokasi pantai yang berada di pesisir selatan Provinsi Jawa Tengah. Adalah Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purworejo. Kabupaten Cilacap memiliki beberapa pantai yang elok dan indah. Salah satu Pantai di Kabupaten Cilacap yang menjadi tujuan survey adalah Pantai Teluk Penyu.

Teluk Penyu Cilacap
Teluk Penyu Cilacap

Menurut masyarakat setempat, asal mula nama pantai Teluk Penyu karena pada awalnya banyak penyu didapati di pesisir pantai, namun karena padatnya lalulintas laut maka penyu yang biasanya menepi kini tidak ada lagi, kalaupun ada namun susah untuk dijumpai. Selanjutnya pantai lain yang menjadi tujuan Survei adalah Pantai Ayah (Logending) di Kabupaten Kebumen. Sebelum menuju pantai Logending, tim PGSP melewati jembatan Kali Bodo. Jembatan Kali Bodo adalah jembatan perbatasan antara Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen. Kali Bodo biasanya dipakai sebagai sandaran kapal-kapal kecil oleh nelayan yang mencari ikan.

Dari Jembatan Kali Bodo, tim PGSP melanjudkan survey menuju Pantai Ayah yang berada di Kabupaten Kebumen. Pantai Ayah atau biasa juga disebut dengan Pantai Logending adalah salah satu icon pariwisata pesisir di Kabupaten Kebumen. Pantai Ayah ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu aktifitas tahunan yang sering dilakukan di Pantai Ayah adalah karnaval. Pantai Ayah merupakan hilir dari Kali Bodo.

Pantai Ayah
Pantai Ayah

Dari Pantai Ayah, Tim PGSP melanjudkan perjalanan survei ke pantai lain. Adalah Pantai Menganti yang merupakan pantai lain yang ada di Kabupaten Kebumen. Menurut masyarakat setempat, asal mula nama Menganti memiliki kisah tersendiri. Menganti = menanti (menunggu). Pantai Menganti menjadi lokasi salah satu pantai yang digunakan oleh para nelayan untuk menyandarkan kapal. Selanjudnya dari Pantai Menganti, dilanjudkan menuju ke Pantai Jati Malang yang ada di Kabupaten Purworejo.

Pantai Menganti
Pantai Menganti

Survei Geoekologi Kepesisiran dan Kemaritiman untuk Provinsi Jawa Tengah ini adalah kali ke ketiga dilakukan oleh tim PGSP. Survey sebelumnya dilakukan di pesisir utara provinsi Jawa Tengah, yakni Kabupaten Tegal, Kendal,  Jepara, Rembang, Pekalongan, Pemalang dan Semarang.

 

 

ASP

Share: