Survey Pesisir Bantul untuk Penyusunan Buku Geoekologi Kepesisiran dan Kemaritiman DIY

Senin, 8 Agustus 2016 tepat pukul 10.45 WIB, Tim Survei  Bantul Yogyakarta melakukan perjalanan survey ke 5 pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelima pantai diantaranya yaitu Pantai Sadeng, Pantai Wediombo, Pantai Siung, Pantai Sadranan dan Pantai Baron.

Survey pertama kali di Pantai Sadeng yang merupakan kawasan Sungai Bengawan Solo Purba. Tim PGSP tiba di pantai Sadeng tepat pukul 12.38 WIB. Tim melakukan observasi lapangan di pantai tersebut. Kegiatan pertama adalah pemotretan udara menggunakan  UAV jenis Copter untuk mengambil foto Tegak yang akan digunakan sebagai peta citra. Selanjutnya, tim PGSP melakukan wawancara pada masyarakat setempat untuk mengetahui keadaan Alam, Sumber Daya Alam yang ada, Sosial serta Budaya yang terjadi di pantai tersebut. Ketiga, tim PGSP melakukan pemotretan menggunakan kamera untuk dokumentasi. Setelah observasi lapang di Pantai Sadeng selesai, tim PGSP melanjutkan perjalanan kembali ke Pantai Wediombo, Pantai Siung, Pantai Sadranan dan Pantai Baron. Sama seperti pantai sebelumnya, Tim melakukan observasi lapangan serta dengan mengambil sampel material batuan. Sampel yang di ambil berupa pasir dan patahan batu yang ada di pantai tersebut.

Setelah selesai melakukan pengamatan, tepat pukul 17.25 WIB di pantai terakhir yaitu Pantai Baron, berakhir sudah perjalanan tim PGSP dan kembali melanjutkan perjalanan pulang. Perjalanan survey ini merupakan rangkaian kegiatan survei pesisir untuk bahan penyususnan Buku Geoekologi Daerah Istimewa Yogyakarta.

~Farid Ibrahim~

Share: