The Regional Geoheritage Conference 2016 “Exotic Past for our Future”

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta bekerjasama dengan bekerjasama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia beserta Badan Geologi ESDM dan Dep. Mineral Resources Thailand menyelenggarakan Regional Geoheritage Conference (RGC) 2016. Acara RCE 2016 diselenggarakan di Hyaat Regency Hotel, Yogyakarta pada tanggal 24-25 November 2016.

RCE 2016 secara garis besar terbagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama adalah acara pembukaan oleh Rektor Universitas Pembangunan Nasional”Veteran” Yogyakarta Prof. Dr. Sari Bahagiarti K. Dilanjudkan sesi kedua adalah acara Keynote Speech, yang diisi pembicara dari UNESCO Global Geoparks Prof. Dr. Datuk Ibrahim Komoo dan Badan Geologi ESDM Dr. Ir. Yunus Kusumahbrata M. Sc. Keynote Speech kedua adalah diisi oleh Pembicara dari Geopark Gunungsewu Ir. Budi Martono, M.Si., Geopark Gunung Batur Ir. Ida Gede Giri Putra, MM dan Geopark Thailand Rath Jirattna.

Sesi ketiga adalah pemaparan makalah baik itu oral maupun poster oleh peserta seminar. Jumlah peserta pemakalah adalah 20 poster dan 14 pemakalah oral. Parangtritis Geomaritime Science Park mengikuti acara konferensi sebagai pemakalah oral dengan mengangkat tema salah satu kawasan geoheritage Canndi Ijo, Yogyakarta. Sesi terkahir sekaligus penutupan dari acara RGC 2016 adalah fieldtrip ke beberapa kawasan geoheritage di Yogyakarta pada hari kedua. Tujuan fieldtrip adalah Lava Bantal Berbah, Gunungapi Purba Nglanggeran, Situs Bioturbasi dan Museum Karst Indonesia.