Uji Coba Pemanfaatan UAV untuk Pemetaan Skala Besar Kec. Kretek

Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan kerja sama dengan Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional untuk ujicoba NSPK Pemanfaatan UAV untuk Pemetaan Skala Besar. Lokasi ujicoba dilakukan di seluruh Kecamatan Kretek dan sebagian kecamatan di sekitar Kretek. Waktu Pelaksanaan ujicoba dilakukan sejak Minggu (4/12) hingga Sabtu (10/12) mendatang.

Ujicoba pemanfaatan UAV untuk Pemetaan skala besar penting untuk dilakukan. Saat ini, untuk mengumpulkan data skala besar, alternatif utama yang digunakan adalah akuisisi menggunakan data Lidar namun terlalu mahal dan membutuhkan SDM yang handal. Akuisisi menggunakan survei lapangan juga memiliki kelemahan biaya dan lama waktu akuisisi. Penggunaan UAV dianggap jalan tengah yang perlu diupayakan dengan meningkatkan ujicoba di lapangan.

3-F-GCP
Pemasangan GCP untuk Pemotretan Udara Kec. Kretek

Tahapan ujicoba dibagi menjadi beberapa bagian, mulai dari pra lapangan, lapangan, dan pasca lapangan. Pra lapangan telah dilakukan oleh BIG sebelumnya, sementara untuk lapangan dibagi menjadi 2 tahap: pengumpulan titik Ground Control Point bersama PGSP (hingga 6/12) dan pemotretan foto udara bersama Lapan (hingga 10/12). Pengolahan data pasca lapangan akan dilakukan setelahnya menggunakan perangkat komputer pendukung dan dilakukan analisis utk menguji akurasi data yang dihasilkan dari ujicoba. Diharapkan, di masa yang akan datang, perkembangan UAV akan semakin maju sehingga mampu mendukung akuisisi data untuk kebutuhan skala besar.

-MDP-

Share: