Cara Download Citra Landsat 8 dan Mengabungkan File Menggunakan ENVI

Earthexplorer merupakan salah satu situs milik United States Geological Survey (USGS) yang menyediakan layanan citra gratis. Salah satu citra yang dapat didownload adalah Citra Landsat 8. Sebelum proses download, sebaiknya di komputer kita telah diinstal program Java. Hasil dari download Citra Landsat memiliki file-file band yang masih terpisah. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1. Buka situs http://earthexplorer.usgs.gov/ dan lakukan pendaftaran dengan mengklik ‘Register’. Lakukan pengisian username, password dan isian lainnya sampai selesai.

1

 

2. Lakukan Login, masukkan username dan passwort dan sign in

2

 

3. Klik tombol ‘Path/Row’ lalu masukkan kode Path dan Row. Klik tombol ‘Show’ untuk menunjukkan lokasi yang dimasukkan koordinatnya.

3a

 

3b
Kode Path and Row
3c
Kode Path and Row

 

4. Pilih “Data Sets” kemudian klik Landsat Archive, lalu berikan check listpada kotak sebelah kiri L8 OLI/TIRS.

4

 

5. Beberapa gambar akan muncul dan pilihlah gambar yang tutupan awannya minim.

5

 

6. Klik tombol ‘Select Download Option’ dengan pilihan ‘Level 1 Product’

6

 

7. Lakukan ekstrak file kompres (compress) sehingga terbentuk folder dimana ukuran memori data ini mencapai hampir 2 GB. Di dalam folder terdapat 13 file, terdiri atas 11 file band (kanal), 1 file BQA dan 1 file.

7

Semua file citra yang sudah diunduh perlu di-stacking dengan software remote sensing yaitu ENVI. Bagaimanakah caranya? silakan kunjungi artikel Cara Melakukan Proses Stacking dengan Software ENVI atau klik di sini

.
Faizah Rahmayadi Yusuf
Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya
email: faizahrahmayadi@gmail.com
Share: