DOKUMEN PGSP:

1Apakah selama pandemi PGSP menerima magang?
Saat ini pelaksanaan program Magang di PGSP dilaksanakan secara luring dengan durasi minimal magang adalah 30 hari.
2Apakah ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti magang?
Syarat untuk magang di PGSP, melampirkan surat pengantar dari kampus dan proposal penelitian/kegiatan yang akan dilaksanakan di PGSP. Tema kegiatan dapat dilihat pada tautan berikut: https://pgsp.big.go.id/magang/
3Apakah surat permohonan magang boleh dibuat oleh perseorangan atau pihak kampus?
Surat pengantar magang dikeluarkan oleh kampus, bukan dari pribadi atau konsultan. Agar menjadi perhatian bahwa magang PGSP memfasilitasi mahasiswa semester akhir untuk menyelesaikan mata kuliah kerja praktik sebagai syarat kelulusan bukan magang untuk memperoleh pekerjaan.
4Apakah Magang PGSP bisa untuk belajar metode penelitian dan lainnya?
Magang yang berlaku di PGSP untuk mengimplementasikan pelajaran yang telah diterima dikampus untuk diaplikasikan dalam dunia kerja baik secara tim maupun individu. Peserta magang akan mendapatkan pembimbing penelitian, namun bukan untuk mengajari suatu metode penelitian melainkan untuk mengawasi, diskusi dan koreksi penelitian/pekerjaan yang dilaksanakan oleh peserta magang.
5Apakah Magang dan PKL berbeda?
Istilah Magang dan PKL di PGSP disamakan. Suatu kegiatan untuk menempuh sks dari fakultas dalam rangka mengaplikasikan disiplin ilmu yang telah dipelajari di kampus. PGSP memfasilitasi mahaiswa untuk menempuh sks magang/PKL tersebut.
6Bagaimana alur magang di PGSP?
Permohonan magang di PGSP dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran pada bit.do/mahasiswa-big. Pilih Unit Kerja Tujuan Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) Yogyakarta.
7Berapa kuota magang dalam setiap periode?
Secara umum, setiap periode membuka kuota magang sejumlah 8 orang. Kuota magang setiap periode menyesuaikan dengan volume pekerjaan dan kapasitas pengampu/pembimbing penelitian.
8Apakah kuota 8 orang terserbut berasal dari satu kampus saja atau PGSP memang hanya membuka kuota untuk 8 orang dari setiap kampus manapun ?
Kuota sebanyak 8 orang setiap periodenya adalah kapasitas yang dimiliki oleh PGSP untuk menerima peserta magang. Kapasitas tersebut kami ukur agar bimbingan pada saat proses magang dapat optimal. Setiap mahasiswa nantinya akan mendapatkan 1 pembimbing penelitian.
9Magang PGSP untuk semester berapa dan jurusan apa sajakah?
Minimal semester 4 sehingga telah siap melakukan magang dengan kemampuan dasarnya. PGSP tidak membatasi jurusan, namun terdapat ruang lingkup kajian yang dapat disesuaikan dengan  jurusan pendaftar. Adapun ruang lingkup dapat dilihat pada tautan magang di https://pgsp.big.go.id/magang/
10Berapa lama magang berlangsung?
Magang PGSP minimal 1 bulan, dan maksimal 3 bulan.
11Magang di PGSP Jam berapa sampai jam berapa?
Selama Pandemi, Magang dilaksanakan secara daring. Adapun jam magang menyesuaikan dengan jam kerja kantor dan pembimbing magang masing-masing.
12Untuk rentang waktu tanggalnya apa ditentukan?
Rentang waktu magang PGSP minimal 1 bulan (dimulai pada pekan pertama setiap bulannya). Batasan minimal tersebut agar bimbingan dan kegiatan magang dapat optimal. Baik Mahasiswa maupun PGSP mendapatkan manfaat dari kegiatan magang tersebut.
13Apa saja yang akan dilakukan saat magang, programnya seperti apa?
Secara umum, peserta magang akan diikutsertakan dalam pekerjaan PGSP berupa penelitian, kepenulisan ilmiah, penyusunan buku, dan monitoring lingkungan kepesisiran. Namun secara detail, akan dibicarakan bersama pembimbing penelitian masing-masing setelah dinyatakan diterima magang.
14Apa fasilitas yang diperoleh selama magang?
Selama pandemi, kegiatan magang dilaksanakan secara daring. Sehingga fasilitas yang dapat diperoleh adalah bimbingan penelitian dan diskusi secara daring, melalui perangkat zoom dan media daring lainnya. Peserta juga akan mendapat pendampingan kepenulisan ilmiyah dan metode penelitian.
15Apakah ada pembimbing praktik?
PGSP menunjuk peneliti PGSP sebagai pembimbing dalam kegiatan magang. Satu peneliti membimbing 2-3 peserta magang sesuai dengan kompetensi bidang penelitian.
16Apa syarat magang di PGSP?
Mengajukan proposal dan surat pengantar/surat rekomendasi dari Fakultas/Prodi untuk melakukan magang di PGSP.
17Format proposal penelitian yg dilampirkan seperti apa?
Format Proposal dikembalikan sesuai dengan format kampus masing-masing. Hal yang menjadi perhatian adalah isi proposal jelas menggambarkan kegiatan/penelitian yang akan dikerjakan. Proposal pengajuan magang yang pernah kami terima memiliki dua bentuk, yaitu: Proposal Penelitian dan Proposal Kegiatan. Kedua proposal tersebut bisa kami terima dengan mempertimbangkan sinkronisi penelitian/kegiatan yang sedang dilaksanakan di PGSP atau korelasi dengan tema-tema yang telah disebutkan dalam website https://pgsp.big.go.id/magang/
18Magang PGSP dibuka sampai kapan ya?
Pendaftaran Peserta magang PGSP dibuka sepanjang tahun selama kuota masih tersedia. Kuota sebanyak 8 orang setiap periodenya adalah kapasitas yang dimiliki oleh PGSP untuk menerima peserta magang.
19Untuk melihat batas kuota tiap bulan bagaimana ya?
Saat ini kami belum menyajikan kuota secara real-time. Kuota dapat ditanyakan kepada narahubung yang tersedia. silakan cek https://pgsp.big.go.id/magang/
20Apakah ada persyaratan lain yang perlu dikirimkan selain surat pengajuan magang?
Ada, yakni Proposal Penelitian/Kegiatan yang akan dikerjakan di PGSP.
21Apakah saya dapat mengirimkan berkas pendafataran di bulan ini meskipun saya mengajukan magang untuk 3 bulan akan datang?
Berkas Magang dapat dikirimkan sedini mungkin, paling cepat 3 bulan sebelum tanggal magang. Selambat-lambatnya 1 bulan sebelum tanggal magang. Hal ini untuk memperebutkan kuota peserta magang pada setiap bulannya. Siapa cepat, dia dapat. Siapa lambat dia rugi berat.
22Apakah proposal magang boleh kolektif?
Boleh. Proposal Magang boleh secara kolektif 2 orang.
× Chat Whatsapp