FKIP UAD: Belajar Tsunami di Museum Gumuk Pasir

Kamis (25/04/2019) Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jurusan Bimbingan Konseling melakukan kunjungan di Museum Gumuk Pasir. Kunjungannya kali ini bertujuan sebagai kuliah lapangan untuk mengenal tsunami yang nantinya akan menjadi inspirasi mengajar bagi para calon guru bimbingan konseling nantinya. Kunjungan diawali dengan pemberian materi pengenalan tsunami dari Bapak Fajrun Wahidin Muharram. Kemudian dilakukan diskusi dan tanya jawab terkait tsunami. Para mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tampak antusias bertanya, tentang tsunami serta penerapannya bagi anak didik.

Di Museum Gumuk Pasir kita dapat belajar mengenai kebencaan
Gambar 1. Belajar Kebencaan Lewat Museum Gumuk Pasir

Setelah pemaparan materi kemudian dilanjutkan nonton film tentang gumuk pasir. Rencananya mereka tidak akan menonton film, tetapi karena melihat fungsi gumuk pasir sebagai benteng alam pelindung dari tsunami mereka menjadi antusias untuk nonton film. Selesai tayangan film, mahasiswa diajak untuk berkeliling museum melihat koleksi yang ada di Museum Gumuk Pasir. Koleksi di museum ini memang agak asing bagi para mahasiswa ini dengan latar belakang ilmu bimbingan konseling. Tetapi itu tidak mengurangi semangat mereka untuk belajar hal baru terutama tentang kebencanaan yang nantinya akan diajarkan kembali kepada calon anak didik mereka.

Indonesia memang negara yang berpotensi terhadap gempa, tsunami dan gunung meletus karena memang letaknya yang berada di jalur cincin api atau Ring of Fire. Oleh karena itu, kita harus terbiasa dengan kondisi potensi bencana ini. Kesiapsiagaaan tehadap bencana menjadi pembelajaran yang penting bagi kita. Pengetahuan tentang bencana yang berpotensi di daerah masing-masing, baik itu pencegahan, penanggulangan dan cara menghadapi bencana tentunya perlu diberikan sedari dini bisa dimulai dari sekolah dan menjadi pembelajaran bagi anak-anak. Sehingga anak-anak menjadi siap siaga terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park