Gumuk Pasir Salah Satu Fenomena Unik Dunia

Sore ini, Parangtritis Geomaritime Science Park mendapat kunjungan dari College of Liberal Arts, National Taiwan Normal University (NTNU) Taiwan. Kunjungan ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan kerjasama NTNU dan Fakultas Geografi UGM. Kunjungan ini terdiri dari 10 orang dosen dan professor yang berasal dari NTNU Taiwan.

Kunjungan diawali dengan pemaparan materi tentang profil dan kegiatan Parangtritis Geomaritime Science Park serta Fenomena Gumuk Pasir di Parangtritis. Pemaparan materi dilakukan oleh Bapak Fajrun Muharam. Peserta tampak sangat antusias mendengarkan dan tertarik dengan fenomena gumuk pasir yang terjadi di Parangtritis. Hal itu terlihat  dari beberapa peserta yang terlibat diskusi terkait dengan gumuk pasir saat ini.

NTNU Taiwan sangat antusias belajar kepesisiran di Museum Gumuk Pasir
National Taiwan Normal University Belajar Fenomena Kepesisiran

Selain mendengarkan pemaparan dari pihak PGSP, ternyata salah satu dari peserta merupakan seorang ahli dalam bidang eolian dan memang focus pada penelitian terhadap gumuk pasir yang terjadi di berbagai negara. Dalam presentasi yang dipaparkan oleh Profesor Tsung Yi Lin, Ph.D, beliau memaparkan beberapa gumuk pasir yang terjadi di beberapa negara seperti Jepang, Prancis, Vietnam, dan salah satu yang masuk dalam presentasi beliau adalah gumuk pasir di Parangtritis, Indonesia. Tentunya sangat membanggakan memiliki Gumuk Pasir yang menjadi salah fenomena unik di dunia. Sudah menjadi tugas kita bersama menjaga dan melestarikan keberadaannya yang saat ini mulai jauh berkurang.