Kemah Ceria SMP Negeri 3 Imogiri di Kawasan PGSP

Sore ini, ada pemandangan berbeda di pelataran Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP). Tampak tenda-tenda kecil berderet rapi. Mulai Jumat, 12 April 2019 – Minggu 14 April 2019 SMP Negeri 3 Imogiri mengadakan kemah akhir tahun di pelataran PGSP. Selama 3 hari mereka melakukan kegiatan kepramukaan untuk  melatih kemandirian anak. Keceriaan terlihat di wajah anak-anak mengikuti selama mengikuti kegiatan perkemahan.

Selain berkemah di kawasan ini, sebagai salah satu rangkaian kegiatan, para siswa pada Hari Sabtu, 13 April 2019 siswa SMP Negeri 3 Imogiri juga diajak untuk berkunjung di Museum Gumuk Pasir. Para siswa berjumlah 150 anak dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok 1 dan 2 akan menonton film terlebih dahulu, sedangkan kelompok 3 akan berkeliling museum, begitu sebaliknya. Anak-anak SMP Negeri 3 Imogiri tampak antusias mengikuti semua alur kunjungan di museum. Selain keceriaan berkemah, anak-anak ini tampak senang berkunjung dan berkeliling di semua ruangan museum Gumuk Pasir.

SMP Negeri 3 Imogiri mencoba simulator drone yang berada di Museum Gumuk Pasir
Keseruan Siswa SMP Negeri 3 Imogiri Mencoba Simulator Drone

Memang benar, PGSP tidak hanya memiliki fasilitas Museum Gumuk Pasir sebagai wahana wisata edukasi bagi masyarakat, tetapi PGSP juga memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk kegiatan kemah. Selain itu juga PGSP dapat digunakan untuk fasilitas peningkatan Sumber Daya Manusia baik berupa pelatihan maupun workshop terkait kepesisiran dan kemaritiman. Program magang juga difasilitasi sebagai sarana pengenalan dunia kerja bagi mahasiswa.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park