KKL 2 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang

Sabtu (13/04/2019) Museum Gumuk Pasir menjadi tujuan Kuliah Kerja Lapangan 2 Universitas Kanjuruhan Malang jurusan Pendidikan Geografi. Sebanyak 70 mahasiswa didampingi dosen pembimbing mulai memasuki Gedung Kerucut Museum Gumuk Pasir. Kunjungan diawali dengan menonton film tentang Dinamika Kepesisiran Pantai Selatan Bantul. Diskusi kecil dilakukan di dalam ruang audio visual. Para mahasiswa tampak bersemangat mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan fenomena gumuk pasir di pantai selatan ini.

Setelah diskusi selesai, mahasiswa kemudian roundtrip di Museum Gumuk Pasir didampingi edukator. Satu persatu ruangan dikunjungi, para mahasiswa tampak menikmati kunjungan di dalam Gedung museum, ada yang mencoba alat-alat pemetaan, ada yang mengajukan pertanyaan terkait informasi gumuk pasir dan beberapa tampak mencatat apa yang mereka temukan di dalam museum.

Universitas Kanjuruhan Malang Berkunjung ke Museum Gumuk Pasir
Universitas Kanjuruhan Malang Belajar Mengenai Gumuk Pasir

Beberapa dari mahasiswa ini ternyata ada yang mengetahui tentang Gumuk Pasir Oetune di NTT, karena dekat dengan daerah asal. Memang benar bahwa gumuk pasir tidak hanya berada di pesisir Pantai Selatan Parangtritis saja, tetapi juga ada di beberapa wilayah di Indonesia seperti Oetune NTT dan di Pantai Slopeng Madura. Tetapi memang di kawasan Pesisir Selatan Parangtritis ini terdapat keunikan sendiri yaitu Gumuk Pasir tipe Barchan yang merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

SMP Negeri 1 Ampel Gading Malang Berwisata di Museum Gumuk Pasir
SMP Negeri 1 Ampel Gading Malang Berkunjung di Museum Gumuk Pasir

Selain kunjungan dari Universitas Kanjuruhan Malang, hari ini Museum Gumuk Pasir juga mendapat kunjungan siswa dari SMP N 1 Ampel Gading Malang. Jumlah rombongan 171 siswa kelas VII berkunjung di PGSP dengan tujuan sebagai sarana wisata edukasi dalam karya wisata ke Jogjakarta. Anak-anak sangat menikmati kunjungan di Museum Gumuk Pasir.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park