Kunjungan Parangtritis Geomaritime Science Park ke LPPM Univ. Sam Ratulangi Manado

Dalam rangkaian perjalanan Survei Kepesisiran di Manado Sulawesi Utara, Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) menyempatkan untuk berkunjung ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) pada hari Selasa tanggal 26 April 2016. Kedatangan PGSP diterima oleh Kepala LPPM Prof. Dr. Ir. Inneke Fenny Melke Rumengan, M.Sc dan Kepala Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam Dr. Ir. Linda Tondobala beserta beberapa staf dari jajaran LPPM.

Tujuan PGSP berkunjung ke LPPM adalah untuk memperkenalkan PGSP dan inisiasi untuk kolaborasi penelitian ataupun kegiatan. Kepala LPPM menyambut baik kedatangan PGSP dan berharap bahwa tahun depan ada kegiatan yang dilakukan bersama antara PGSP dengan LPPM Unsrat terutama dengan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam. Beliau juga antusias terhadap keberadaan PGSP setelah Kepala PGSP menyampaikan kegiatan yang dilakukan PGSP dan fasilitas yang terdapat di PGSP.

Diskusi untuk merumuskan beberapa hal yang dapat dikerjakan bersama antara PGSP dengan LPPM berlangsung baik dan bahkan sangat menarik dengan berbagai pendapat yang dilontarkan. Diskusi dipandu oleh Joudi N. Luntungan selaku Kepala Pusat Infrastruktur Data Spasial. Kolaborasi penelitian terkait dengan global warming dan kegiatan pemetaan untuk potensi perikanan serta zonasi tata ruang di Sulawesi Utara menjadi topik bahasan utama untuk rencana kerjasama ke depan. Pihak LPPM Unsrat juga sangat antusias dengan informasi bahwa PGSP mempunyai Museum Gumuk Pasir sebagai sarana pembelajaran dan pendidikan bagi siswa sekolah dan mahasiswa. Pihak LPPM tertarik untuk kemudian menerapkan sarana pembelajaran serupa dengan membicarakan seandainya ada Pusat Studi Mangrove di Manado.

Di akhir diskusi, PGSP bersama LPPM Unsrat dan beberapa mahasiswa Unsrat menuju lantai teratas salah satu Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi yang sedang dalam proses pembangunan untuk menerbangkan pesawat nirawak (drone) dan membuat foto udara area Gedung Rektorat Universitas Sam Ratulangi.

Semoga kunjungan PGSP di LPPM Unsrat dapat menambah wawasan PGSP dan bermanfaat bagi LPPM Unsrat.

-TRW&MDP-