Kunjungan PGSP ke BPOL Bali

PGSP berencana menjalin kerjasama dengan Balai Penelitian Observasi Laut (BPOL) Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan kapasitas teknologi dan informasi spasial kemaritiman.  Tanggal 18 Mei 2016, beberapa staff dari PGSP melakukan kunjungan ke (BPOL) yang beralamat di Jl. Baru Perancak, Negara-Jembrana, Bali. Kunjungan dimaksudkan untuk menginisiasi program kerja sama antara PGSP dan BPOL. Kedatangan kami disambut oleh Kasi Pelayanan Teknis BPOL, Bambang  Dewanto, S.Sos.

Pertemuan diawali dengan penyampaian kegiatan BPOL oleh Bambang Dewanto.  Produk BPOL yang telah di publikasi dan digunakan oleh stakeholder dan masyarakat diantaranya adalah Peta Daerah Penangkapan Ikan (PDPI) Nasional, Peta PDPI Pelabuhan Perikanan, Peta PDPI Laut Sawu, Peta PDPI Kutai Kartanegara dan Peta PDPI Pulau Lombok, serta  Peta Lokasi Penangkapan Ikan (PELIKAN) jenis Tuna, Cakalang dan Lemuru. Teknologi yang dikembangkan yaitu teknologi Bioreeftek, berupa transplantasi karang, telah diimplementasikan di beberapa tempat, yaitu Pemuteran dan Nusa penida – Bali, Kupang dan Waingapu – NTT.

Kerjasama antara PGSP dan BPOL yang akan dilakukan terdiri dari  dua hal yakni data sharing dan peningkatan kapasitas SDM. Kerjasama ini, diharapkan dapat memberikan manfaat untuk semua pihak, khususnya dalam pengeolaan sumberdaya kemaritiman dan kepesisiran baik itu skala regional maupun nasional.

ASP&TRW