SMP IT Daarul Hidayah Sukoharjo ke Museum Gumuk Pasir

Minggu (24/03/2019) Museum Gumuk Pasir kembali menjadi tujuan pembelajaran luar kelas yang kedua kali bagi SMP IT Daarul Hidayah Sukoharjo. Kali ini siswa yang diajak melakukan pembelajaran luar kelas adalah siswa kelas 7. Selain berkunjung ke Museum Gumuk Pasir, rencananya mereka juga akan rekreasi ke Pantai Parangritis dan Gumuk Pasir, sehingga para siswa setelah mendapatkan pengetahuan dan informasi dari museum bisa melihat langsung kondisi dan bentuk gumuk pasir secara langsung di lapangan.

SMP IT Daarul Hidayah Sukoharjo Menyempatkan Berfoto di Depan Museum Gumuk Pasir
SMP IT Daarul Hidayah Sukoharjo Berfoto di Depan Museum Gumuk Pasir

Sebanyak 60 siswa SMP IT Daarul Hidayah Sukoharjo yang terdiri dari siswa putra dan putri didampingi bapak-ibu guru memasuki Gedung kerucut. Kunjungan diawali dengan melihat film tentang Dinamika Pesisir Pantai Selatan. Setelah melihat film, para siswa diajak untuk berkeliling museum mulai dari lantai satu tentang kemaritiman Indonesia, lantai 2 tentang alat-alat pemetaan dan penginderaan jauh, kemudian dilanjutkan ke lantai 3 yang berisi informasi tentang gumuk pasir dan jenis batuan. Setelah itu dilanjutkan menuju lantai 4 untuk melihat pemandangan di sekitar Kawasan Parangtritis Geomaritime Science Park. Setelah dari lantai 4 kemudian para siswa turun dan menuju Lorong pengetahuan.

Para siswa SMP IT Daarul Hidayah Sukoharjo terlihat sangat aktif dalam mengikuti diskusi kecil yang dilakukan setelah menonton film. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang bertanya terkait dengan gumuk pasir, pelestarian serta manfaatnya. Selain itu mereka juga ingin tahu tentang apa saja yang sudah dilakukan oleh Parangtritis Geomaritime Science Park terkait dengan penelitian kebencanaan.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Scince Park