Memperingati Hari Buku Nasional Dengan Ramah Lingkungan

Setiap tanggal 17 Mei di Indonesia diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Dalam sejarahnya tanggal tersebut  bertepatan dengan didirikannya Perpustakaan Nasionl Republik Indonesia yaitu pada 17 Mei 1980 silam.  Walaupun perayaannya tidak semeriah dan seramai hari nasional lainnya, namun Hari Buku Nasional selalu memiliki tempat di hati para penggemar dan pembaca setia buku.

Dalam hal ini buku merupakan sebuah media yang memberikan banyak sekali manfaat bagi setiap penggunanya, baik memberikan informasi, hiburan ataupun ilmu pengetahuan. Salah satu peran penting adanya buku yaitu digunakan dalam dalam proses pembelajaran yang memfasilitasi bahan ajar untuk guru serta menjadi acuan yang dapat memberika informasi kepada pelajar dalam melakukan aktivitas pembelajaran (Budiningsih, 2004).

Di era digital yang semakin berkembang saat ini, buku telah menjadi komoditi terbesar yang tidak akan ada habisnya di pergunakan oleh masyarakat. Banyaknya masyarakat yang mempergunakan buku sebagai sumber wawasan dan ilmu pengetahuan, tidak sebanding dengan produksi buku yang memberikan dampak negatif  terhadap lingkungan. Kertas sebagai bahan utama penyusun buku yang terbuat dari kayu memberikan dampak terhadap lingkungan, dikarenakan semakin banyaknya pohon yang ditebang untuk dijadikan bahan utama pembuatan kertas.

Maka dari itu perlu dilakukannya edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya memanfaatkan teknologi yang ada sebagai media ilmu pengetahuan dan informasi  pengganti buku fisik untuk mengurangi permasalahn lingkungan yang ada. Dikarenakan pada saat ini sudah banyak disediakan buku yang bersifat digital yang dapat di akses melalui internet tanpa harus membeli buku dalam bentuk buku fisik. Selain lebih praktis dan tahan lama, buku digital juga dapat menghemat tempat dan menghemat biaya karena dapat diakses secara gratis.

Dengan demikian masyarakat tetap bisa mendapatkan informasi dan juga ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih praktis tanpa harus merusakan lingkungan sekitar. Selamat Hari Buku Nasional 2019 dan jadikan buku sebagai jendela ilmu.

 

I Pande Made Lanang Kertadana
lanangganteng90@gmail.com

Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Kelautan dan Perikanan
Universitas Udayana Bali


Referensi:  

Budiningsih, C. Asri. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.