MGPM IPS Salatiga Menjadikan PGSP Alternatif Pembelajaran

Gamabr 1. Foto Bersama MGMP IPS Salatiga
Gamabr 1. Foto Bersama MGMP IPS Salatiga

Kamis siang di hari pertama bulan Maret 2018, Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP)  kedatangan rombongan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Salatiga. Rombongan berjumlah 50 orang, disambut hangat oleh edukator museum dan staf PGSP. Sebelum memasuki gedung museum, rombongan berfoto bersama di depan gedung kerucut. Rombongan selanjutnya dipersilahkan memasuki ruang theater. Di ruang theater, rombongan menonton film dokumenter mengenai dinamika pesisir Bantul.

MGMP merupakan suatu organisasi guru yang dibentuk untuk menjadi forum komunikasi yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari di lapangan. Rombongan sangat antusias saat menonton film serta saat berkeliling museum. Ini dibuktikan dengan banyakanya pertanyaan yang timbul sebagai wujud aktifnya interaksi antara pengunjung dan pengedukasi.

“Museumnya bagus, mbak, besok saya ajak anak didik saya kesini”, ujar salah satu guru saat selesai berkeliling museum.

Kunjungan MGMP IPS SMP Salatiga ke PGSP memberikan inovasi para guru untuk nantinya dapat mengajak anak didiknya datang ke PGSP. PGSP tentunya sangat senang dapat menjadi alternatif untuk sara belajar bagi siswa-siswi sekolah.

Edu-kaka