Millenial Spasial

Membicarakan Science Techno Park (STP) tentu tidak terlepas dari Generasi Millenial. Rhenald Kasali, seorang Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pun pernah menyinggung tentang Generasi Millenial. Boleh dikatakan bahwa Generasi Millenial adalah generasi yang sama sekali berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi Millenial dibesarkan oleh kemajuan zaman yang merupakan perpaduan kemajuan sains dan teknologi (Ali dan Purwandi, 2017). Perbedaan ini menyebabkan lahirnya Generasi Millenial sebagai generasi yang benar-benar baru, sehingga dapat dikatakan bahwa mereka tidak memiliki ‘masa lalu’. Oleh karena itu, mereka menarik ‘masa depan’ ke ‘masa kini’.

“Generasi Millenial tidak memiliki masa lalu, itu sebabnya mereka menarik masa depan ke masa kini

Lalu apa hubungannya antara Generasi Millenial dengan STP? STP Indonesia tentu perlu berbenah diri agar menjadi tempat belajar sekaligus rumah yang nyaman bagi Generasi Millenial Indonesia. Ada satu hal yang telah menjadi saksi masa transisi antargenerasi. Jawabannya adalah ‘peta’. Peta merupakan instrumen yang telah berkembang bersama sains dan teknologi. Apabila dulu peta dibuat dengan berlembar-lembar kertas, saat ini bentuknya menjadi ringkas karena berbentuk digital.

Di zaman sekarang, penerapan peta telah mendarah daging ke dalam kehidupan Generasi Millenial. Setidaknya, ada tiga fungsi peta yang sering digunakan oleh para Millenial, yaitu location, navigation, dan spatial relationship (Calkins, 2012). Berikut adalah masing-masing penjelasan dan contoh dari fungsi peta.

Semua Generasi Millenial pasti hampir mengenal Facebook yang merupakan salah satu media sosial terpopuler ini ternyata sangat memanfaatkan unsur Location sebagai sumber penghasilannya. Facebook saat ini telah tersebar di banyak negara dengan beragam umur pengguna. Informasi mengenai para pengguna Facebook inilah yang dijual oleh Facebook kepada orang yang memasang iklan di Facebook. Iklan dengan layanan berbayar tentu akan lebih tepat sasaran karena bisa disunting sesuai dengan lokasi target pasar, segmentasi umur, kesukaan minat, dan lain sebagainya.

Navigation. Pasti sudah banyak yang menggunakan peta sebagai alat navigasi melalui Google Maps sebagai salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk melakukan navigasi. Untuk menuju tujuan, banyak generasi Millenial yang mengandalkan peta dalam bentuk Google Map ataupun Waze. Bahkan, peta saat ini telah dilengkapi dengan kondisi real time online yang mampu menampilkan kondisi terkini kemacetan sehingga penggunanya dapat menghindari kemacetan dan memilih rute terbaiknya.

Yang terakhir adalah Spatial Relationship. Biasanya digunakan untuk memahami fenomena kebumian dengan pola keruangan yang spesifik. Melalui bantuan teknologi Geographic Information System (GIS), dan dengan didukung data yang relevan, bukan tidak mungkin seseorang akan dapat menentukan lokasi perumahan terbaik di suatu wilayah. Spatial relationship bahkan dapat digunakan untuk menganalisis lokasi pembangunan STP potensial (atau bahkan isu pemindahan ibukota) di Indonesia melalui kajian kesesuaian lahan.

Demikian hebatnya peta, akan tetap percuma apabila peta itu tetap tersimpan rapi di lemari. Peta baru dapat mengeluarkan kekuatan sejatinya apabila berada di tangan yang tepat. Peta yang paling baik adalah peta yang dapat menjawab pertanyaan serta mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Semoga kelak, para Generasi Millenial mampu memaksimalkan peta sebagai kekuatan spasial di masa yang akan datang. Tidak hanya sebagai pasar, tapi juga sebagai kreator.

“Semoga,
para Generasi Millenial mampu memaksimalkan peta sebagai kekuatan spasial

Jika berbicara lebih lanjut dengan untuk menangani masalah perpetaan Indonesia, Badan Informasi Geospasial adalah jagoannya. Mau tahu kelanjutan sepak terjang BIG? Jangan lupa ikuti perkembangan terkini seputar dunia spasial di akun resmi media sosial BIG.

Facebook: https://www.facebook.com/infogeospasial/
Twitter: @infogeospasial
Laman: www.big.go.id
IG: @infogeospasial

Referensi
Ali, Hasanuddin dan Lilik Purwandi. 2017. The Urban Middle-Class Millenials Indonesia: Finansial and Online Behavior. Alvara Research Center. Jakarta Selatan
Calkins, John. 2012. The Power of Map. Diakses di https://blogs.esri.com/esri/esri-insider/2012/10/09/the-power-of-the-map/ 7 Agustus 2017

Penulis
Mega Dharma Putra- Staf Parangtritis Geomaritime Science Park
Farid Ibrahim- Staf Parangtritis Geomaritime Science Park