Museum Gumuk Pasir Masih diminati Program Wajib Kunjung Museum

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai program khusus untuk anak sekolah dan umum tentang berkunjung ke museum. Program tersebut adalah Wajib Kunjung Museum (WKM). Program ini dibagi menjadi dua yakni WKM Reguler dan WKM Mandiri. WKM Reguler adalah program berkunjung ke museum dengan fasilitas bus, tiket masuk museum dan paket makan siang dari Dinas Kebudayaan DIY, sedangkan WKM Mandiri adalah program berkunjung ke museum dengan fasilitas tiket masuk museum dan paket makan siang saja, untuk kendaraannya dari pihak sekolah.

Pada Rabu, 11 April 2018, Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) kedatangan rombongan dari SMK Muhammadiyah 1 Tempel yang merupakan program WKM Mandiri berjumlah 110 siswa dan beberapa orang guru pendamping. Rombongan datang dengan berkendara beberapa bus. Setelah rombongan sampai di parkiran, staf dan edukator museum menyambut hangat kedatangan mereka. Setelah diberi beberapa pengarahan, rombongan dibagi menjadi dua kelompok yang kemudian kelompok tersebut masuk ke museum dengan kegiatan yang berbeda. Untuk kelompok pertama diarahkan masuk ke studio untuk menonton video pariwisata Bantul sedangkan kelompok kedua diarahkan untuk berkeliling museum dipandu oleh edukator museum. Setelah kelompok pertama selesai menonton pemutaran video di studio, mereka diarahkan untuk keliling museum, begitu pula sebaliknya, setelah kelompok kedua berkeliling museum, mereka diarahkan ke studio untuk menonton pemutaran video.

P_20180411_153518

Kunjungan berjalan lancar, antusias dari siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Tempel ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang timbul saat mereka berkeliling museum. kunjungan diakhiri dengan bermain simulasi drone diruang NOAA gedung diklat.

Kaka