Ngabusyik: Ngabuburit Asyik di Museum Gumuk Pasir

Universitas Atmajaya Yogyakarta memberikan tugas semester kepada para mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi untuk mempromosikan museum-museum di Yogyakarta. Masing-masing museum mendapat jatah 2 kelompok mahasiswa untuk membuat kegiatan dan event dalam rangka untuk mempromosikan museum. Kebetulan Museum Gumuk Pasir juga mendapatkan 2 kelompok mahasiswa yang akan berkegiatan di museum. Salah satu kelompok tersebut membuat kegiatan ngabuburit dengan tema “Ngabusyik at Museum”.  Dengan menggandeng SD 2 Parangtritis kelas 4 dan 5, mahasiswa ini mengadakan kegiatan ngabuburit di museum Gumuk Pasir.

Kegiatan diawali dengan mengajak anak-anak berkeliling museum, melihat koleksi tentang kepesisiran, gumuk pasir serta alat-alat pemetaan mulai dari lantai 1 hingga lantai 4. Anak-anak SD 2 Parangtritis ini tampak senang dan antusias melihat koleksi yang ada di dalam Gedung Kerucut. Setelah selesai berkeliling museum, acara dilanjutkan dengan Tausiah menjelang buka puasa di Ruang Audivisual. Seluruh peserta tampak khusyuk mendengarkan tausiah yang diberikan oleh ustadzah tentang sejarah Nabi Muhammad SAW dari kecil hingga masa kenabian.

Atmajaya Yogyakarta Buka Bersama dengan SD 2 Parangtritis
Mahasiswi Atmajaya Yogyakarta Bercengkrama dengan Salah Satu Peserta Buka Bersama

Tidak terasa adzan pun berkumandang, waktu-yang ditunggu-tunggu datang juga, anak-anak kemudian berbuka puasa bersama. Selain itu, di sela-sela buka bersama juga dilakukan pemberian kuis atau pertanyaan, yang bisa menjawab mendapat hadiah menarik. Tampak sekali keceriaan anak-anak sore ini mengikuti kegiatan ngabusyik yang diadakan oleh mahasiswa Atmajaya Yogyakarta.

Terima kasih Atmajaya, semoga dengan adanya penugasan kepada mahasiswa di museum,  dapat membantu promosi dan menyebarluaskan informasi tentang museum-museum yang ada di Yogyakarta. Sehingga museum pun menjadi salah satu tujuan wisata edukasi bagi masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park