Outing Class Sekolah Tumbuh di Museum Gumuk Pasir

Senin (26/08/2019) Sekolah Tumbuh melaksanakan outing class yang bertujuan ke Landasan Pantai Depok dan Museum Gumuk Pasir. Setelah melakukan kegiatan pengukuran panjang di landasan rombongan mulai memasuki Parangtritis Geomaritime Science Park. Siswa-siswi kelas 7 dan 8 mulai memasuki Gedung Kerucut. Kunjungan Sekolah Tumbuh diawali dengan menonton film tentang Dinamika Pesisir Selatan. Anak-anak terlihat menikmati sajian film tentang gumuk pasir yang ada di Parangtritis. Dalam diskusi kecil yang dilakukan setelah menonton film, tampak anak-anak menjawab beberapa pertanyaaan yang diajukan oleh pemandu tentang film yang baru saja ditonton.

Siswa Sekolah Tumbuh antusias belajar kepesisiran dan kemaritiman
Siswa Sekolah Tumbuh Antusias Melihat Koleksi Museum Gumuk Pasir

Selesai menonton film, kunjungan dilanjutkan dengan round trip di Gedung Kerucut, Lorong Pengetahuan dan Gedung Display. Satu persatu koleksi dan infografis yang ada di dalam Gedung dijelaskan oleh edukator. Para siswa tampak antusias untuk mencoba beberapa alat pemetaan seperti steresokop dan streo zoom microscop. Beberapa dari siswa juga tampak asyik mengamati wahana penginderaan jauh di lantai 2, sebagian siswa tertarik melihat citra foto udara daerah Yogyakarta yang menjadi salah satu tampilan di museum ini.

Museum Gumuk Pasir tidak hanya menyajikan koleksi tentang gumuk pasir saja tetapi juga berkaitan dengan kemaritiman, kepesisiran, geomaritime dan geospasial. Salah satu koleksinya adalah ala-alat pemetaan yang salah satu fungsinya untuk pemantauan gumuk pasir di Parangtritis. Yuuk ke Museum Gumuk Pasir, banyak informasi dan pengetahuan yang didapat looh…

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park