Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Sebagai Destinasi Wisata

Lokasi Surabaya North Quay
Gambar 1. Lokasi Surabaya North Quay (Sugiarto, Freddy, dan Maureen, 2017)

PT Pelindo III cabang Tanjung Perak Surabaya adalah perusahaan yang mengelola Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Hariastutui dan Dwi, 2013). Tanjung Perak Surabaya merupakan salah satu pintu gerbang Indonesia, berfungsi sebagai kolektor dan distributor barang dari dan ke kawasan timur Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Timur (Arizal, Sutopo, dan Anggraeni, 2017). Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya juga merupakan pusat pelayaran interinsulair kawasan timur Indonesia, karena letaknya yang strategis dan didukung oleh hinterland yang potensial (Arizal, Sutopo, dan Anggraeni, 2017).

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya memiliki layanan penyeberangan melalui jalur laut dengan menggunakan kapal, yaitu dengan adanya terminal penumpang (Hariastutui dan Dwi, 2013). Fasilitas yang disediakan oleh pihak pelabuhan pada terminal penumpang, yaitu ruang tunggu, kantin atau kafe, ruang menyusui untuk ibu hamil, dan lain-lain (Hariastutui dan Dwi, 2013). Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya juga memiliki North Quay yang berfungsi sebagai pelabuhan kapal pesiar dari luar negeri yang ingin transit ke Kota Surabaya (Hambalah, 2017).

Suasana Surabaya North Quay
Gambar 2. Suasana Surabaya North Quay (Unesia, 2017)

North Quay juga digunakan sebagai tempat wisata yang bernama Surabaya North Quay (Gambar 2) atau disingkat dengan SNQ. Lokasi SNQ terletak di Jalan Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya, memiliki pemandangan menghadap ke selatan atau ke arah laut (Arizal, Sutopo, dan Anggraeni, 2017). Surabaya North Quay (SNQ) menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Di pelabuhan tersebut juga tersedia beberapa wisata kuliner khas Kota Surabaya.

Surabaya North Quay (SNQ) memiliki tiga lantai dengan fungsi yang berbeda-beda. Pada lantai satu bangunan SNQ digunakan sebagai tempat keluar masuk pengguna kapal. Lantai dua terdapat ruang tunggu pengunjung kapal, musala, dan kantor. Pada lantai tiga dikhususkan untuk tempat berjualan baik untuk makanan hingga oleh-oleh yang dilengkapi dengan pemandangan Jembatan Suramadu dan tempat kapal pesiar.

Suasana Senja di Surabaya North Quey
Gambar 3. Suasana Senja di Surabaya North Quey (Setyorini, 2019)

Pengunjung yang datang ke SNQ cukup ramai, apalagi pada saat hari libur. Selain itu, dekatnya lokasi dengan laut memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungannya yaitu dapat memanfaatkan pemandangan laut dan adanya matahari terbit dan terbenam (Gambar 3). Kerugiannya yaitu wilayah dekat laut cenderung panas saat siang hari.

Tempat SNQ dapat ditempuh sekitar 20 menit  dari pusat Kota Surabaya dan dapat ditempuh dengan mobil atau pun motor. Pengunjung yang ingin ke SNQ hanya dipungut biaya 10.000 rupiah. Biaya parkir untuk mobil yaitu 7.500 rupiah dan untuk motor yaitu5.000 rupiah. Surabaya North Quay (SNQ) setiap hari Senin tutup dan buka pada hari Selasa sampai Minggu dari jam 09.00—21.00 WIB.

Euis Asterina Al Gadri
euisastergad@gmail.com

Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian
Universitas Trunojoyo Madura


Referensi:  

Arizal, I., Sutopo, & Anggraeni, R. (2017). Pengaruh Komunikasi, Disiplin dan Pengawasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya. Jurnal Manajemen Branchmark, 232-247.

Hambalah, F. (2017). Surabaya Sebagai Kota Maritim : Strategi Pemasaran. Jurnal Aplikasi Administrasi, 61-69.

Hariastuti, P. L., & Dwi, R. A. (2013). Peningkatan Kualitas Layanan Kepada Pelanggan di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 192-200.

 

Referensi Gambar: 

Sugiarto, S., Freddy, H. I., & Maureen, N. (2017). Pengaplikasian Konsep Interaktif Terhadap Desain Mini Maritime Museum di Surabaya. Kreasi, 63-94.

http://www.fraunesia.com/2017/08/mampir-di-pelabuhan-super-modern-di.html

https://www.merdeka.com/gaya/menikmati-panorama-senja-di-surabaya-north-quay.html