Pertemuan Forum Komunikasi Museum Bantul di Museum H.M Soeharto

Kamis (10/1/2019) Forum Komunikasi Museum Bantul (FKMB) mengawali kegiatan 2019 dengan mengadakan pertemuan. Pertemuan diadakan di Museum H.M Soeharto, yang berada di Kemusuk, Bantul. Pertemua FKMB tersebut merupakan pertemuan FKMB yang ketiga sejak FKMB berdiri. Tidak hanya museum anggota Barahmus saja yang hadir dalam forum tersebut, museum non anggota Barahmus juga turut serta berpartisipasi dan berkontribusi. Dinas Kebudayaan Bantul juga turut hadir dalam pertemuan FKMB tersebut.

Pertemuan FKMB dibuka dengan doa. Dilanjutkan dengan acara sambutan baik dari Ketua FKMB sekaligus tuan rumah pertemuan oleh  Bapak Gatot Nugroho dilanjutkan sambutan dari Ketua Barahmus DIY yaitu Ki Bambang Widodo dan perwakilan Dinas Kebudayaan DIY yaitu Bapak Joko. Dalam pertemuan tersebut sekaligus sebagai ceremonial penyerahan SK Anggota Barahmus kepada Museum Wayang Beber Sekartaji. Selain itu, kegiatan FKMB di tahun 2019 yang paling dekat adalah LCC Seni Budaya dan museum tingkat SMP se-kabupaten Bantul. Bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, anggota FKMB juga akan mengadakan lawatan sejarah dan museum dan rencana study komparasi di Sulawesi Selatan.

WhatsApp Image 2019-01-11 at 11.23.58

Pertemuan FKMB tersebut sebagai sarana silaturahmi antar museum. Dengan demikian hubungan antar museum dapat terjalin dengan baik. Manfaat dari hubungan yang baik akan didapat oleh setiap museum, baik manfaatnya dalam hal pengelolaan museum, display museum, ataupun pelayanan museum. Tentunya adanya FKMB menjadi suatu wadah agar museum di Bantul dapat semakin berkembang dan selaras pula dengan swluruh visi misi Barahmus DIY.

Bernike Hendrastuti
Pendamping Kunjungan dan Promosi
PGSP-BIG