PGSP, Pusat Informasi Geomaritime

Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) menerima kunjungan dari semua kalangan, baik dari pelajar, mahasiswa, instansi maupun masyarakat umum. Banyak ilmu yang bisa didapatkan di PGSP. Selasa, 19 Desember 2017, PGSP menerima tiga rombongan kunjungan yang berasal dari berbagai daerah. Kunjungan pertama dari SMP 2 Piyungan. Sejumlah 20 siswa SMP 2 Piyungan berkunjung ke beberapa museum yang ada di Yogyakarta, salah satunya Museum Gumuk Pasir di PGSP. Kunjungan SMP 2 Piyungan ke beberapa museum agar mereka dapat mengisi liburan dengan berekreasi sekaligus belajar. Antusias siswa saat berkunjung ke museum terlihat dengan jelas saat mereka bertanya tentang segala hal yang terkait dengan koleksi maupun gumuk pasir. “Museum itu tempat yang bisa buat belajar dan bermain,” ungkap salah seorang siswa SMP 2 Piyungan.

Kunjungan kedua berasal dari Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung. Sebanyak 110 mahasiswa semester tujuh dan didampingi oleh dosen pembimbing tiba di PGSP pada pukul 09.30 WIB. Sebelum berkeliling museum, rombongan Teknik Geodesi ITENAS  mendapatkan materi terkait pemetaan dan gumuk pasir oleh staff PGSP. Pemberian materi dilakukan di Studio 1. Pada sesi pemberian materi mahasiswa dapat bertanya hal-hal terkait pemetaan maupun gumuk pasir. Diskusi yang asik dan menarik membuat mahasiswa antusias dalam mendengarkan maupun bertanya. Setelah pemberian materi dan tanya jawab, mahasiswa disajikan film terkait gumuk pasir. Roundtrip museum dilakukan usai menonton film. Kunjungan Teknik Geodesi ITENAS ditutup dengan pemberian cinderamata serta foto bersama di depan gedung kerucut.

Kunjungan selanjutnya berasal dari SMK Tunas Pariwisata Ungaran. Rombongan SMK Tunas Pariwisata Ungaran tiba di PGSP pada pukul 11.20 WIB dengan menggunakan dua buah bus. Semangat siswa terlihat sangat jelas ketika mereka tiba di PGSP. Rombongan ini dibagi menjadi dua kelompok, kelompok yang pertama menonton film dan dilanjutkan dengan roundtrip museum, sedangkan kelompok yang kedua sebaliknya. Berbagai informasi terkait gumuk pasir maupun pemetaan didapatkan oleh siswa SMK Tunas Pariwisata Ungaran. Melalui kunjungan ini, diharapkan siswa dapat memperoleh berbagai ilmu yang tidak didapatkan ketika mereka berada di sekolah. Kunjungan ini ditutup dengan foto bersama.

Linda