PGSP Road to Magelang dan Semarang

Akhir Maret, tim PGSP melaksanakan kegiatan Goes to School yang ketiga tahun 2018. Tujuan tim PGSP adalah sekolah-sekolah yang ada di Jawa Tengah bagian tengah, khususnya daerah sekitar Magelang dan Semarang. Sekolah yang disasar adalah tingkat SMA dan SMP yang berpeluang melaksanakan outing class, field trip, atau study tour. Tujuan dilaksanakannya Goes to School adalah untuk mengenalkan keberadaan PGSP, terkhusus Museum Gumuk Pasir supaya dapat menjadi sarana belajar bagi siswa sekolah.

bbs semesta

Hari pertama, tim PGSP bersama duta Museum Gumuk Pasir datang ke sekolah SMA-SMP di Magelang. Sekolah yang didatangi di antaranya adalah SMP Trakanita Magelang, SMAN 1 Magelang, SMA Taruna Nusantara, dan SMPN 7 Magelang. Di hari pertama, tim PGSP mendapat sambutan yang baik di masing-masing sekolah. Terlebih di SMP Trakanita, tim sempat menerbangkan pesawat udara nir awak (PUNA) bersama siswa-siswa SMP Tarakanita. Goes to school PGSP ke sekolah diiisi dengan pengenalan profil PGSP dan kegiatannya, serta fasilitas pelayanan PGSP. Pada kesempatan tersebut, PGSP memberikan oleh-oleh khas PGSP serta Peta Rupa Bumi Indonesia.

Hari kedua, tim PGSP datang ke beberapa SMA yaitu SMAN 3 Semarang, SMAN 10 Semarang, dan Bilingual Boarding School Semesta. DI SMAN 3 Semarang, PGSP dapat mengenalkan PGSP langsung ke siswa-siswi. Mereka sangat antusias mendengarkan wawasan seputar gumuk pasir, karena bagi mereka adalah hal baru. Siswa-siswi juga diajak untuk berfoto menggunakan  PUNA dengan membentuk formasi angka tiga. Di sekolah lain, tim hanya bertemu guru, namun para guru juga sangat senang dapat mendapatkan informasi tentang PGSP. “Ini dapat menjadi salah satu referensi sarana belajar yang modern” tukas salah seorang guru yang kami temui. Sama halnya dengan sekolah di Magelang, sekolah yang didatangi tim PGSP juga mendapatkan oleh-oleh khas PGSP dan Peta Rupa Bumi asli dari Badan Informasi Geospasial.

Bern