Pramuka SD Gedongkiwo: Outbond dan Roundtrip di Museum

Selasa (10/09/2019), halaman Parangtritis Geomaritime Science Park tampak ramai dengan suara riuh dan tawa seru anak-anak Pramuka Siaga SD Gedongkiwo yang sedang melakukan kegiatan permainan outbond dalam kegiatan kepramukaan. Anak-anak sangat senang melakukan kegiatan permainan di halaman PGSP. Tidak hanya itu saja, mereka juga diajak untuk roundtrip berkeliling masuk ke dalam Museum Gumuk Pasir.

Sekitar 100 anak memasuki Gedung Kerucut Museum Gumuk Pasir, rombongan dibagi menjadi 2 dengan 2 pendamping edukator. Para siswa diajak untuk menonton film kemudian diajak untuk berkeliling museum. Tentunya dengan bimbingan dan pengawasan bunda dan yanda dari sekolah, anak-anak menjadi lebih tertib berada di dalam museum.

SD Gedongkiwo tak sekedar keliling Museum
SD Gedongkiwo Belajar Mengenal Jalur Tol Laut

Anak-anak siaga ini tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara keliling museum. Mereka secara bergantian mencoba berbagai alat dan mengamati alat-alat yang ada di museum ini. Semangat anak-anak SD Gedongkiwo ini memang sangat luar biasa, meskipun seharian sudah melakukan permainan kegiatan pramuka tetapi mereka tetap antusias untuk berkeliling di dalam Gedung museum.

Museum Gumuk Pasir selain menyediakan edukasi di dalam Gedung museum juga menyediakan fasilitas halaman luas yang dapat digunakan sebagai kegiatan permainan outbond bahkan juga kegiatan kemah bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat sekitar. Outbond, berkemah sambil mendapatkan edukasi tentang keberadaan Gumuk Pasir di Pesisir Pantai Parangtritis tentunya akan sangat menarik.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park