Roadshow PGSP : “Goes to UNDIP”

(27/04/17) Rombongan Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) melakukan roadshow ke Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. Roadshow di Universitas Diponegoro merupakan bentuk memperkenalkan PGSP di kalangan akademisi. Universitas Diponegoro sendiri dipilih karena merupakan almamater dari salah satu staff PGSP. Pihak kampus merasa senang atas maksud kedatangan rombongan PGSP. Acara roadshow ini dihadiri lebih dari 100 mahasiswa beserta dosen yang antusias mengenal tentang Parangtritis Geomaritime Science Park.

Roadshow ini juga turut dihadiri oleh dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prof. Dr. Agus Sabdono,. M.Sc. Dalam sambutannya, Beliau mengatakan bahwa PGSP sangat cepat berkembang dari tahun 2015, ditambah lagi PGSP juga menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah. Dalam kesempatan ini, Beliau juga memberikan kenang-kenangan kepada PGSP.

DSC_0023

PGSP dikenalkan secara jelas oleh Saudara Mega Dharma Putra. Dalam kesempatan ini, Mega menjelaskan bahwa PGSP merupakan salah satu perwujudan dari program kerja Joko Widodo yaitu membuat Science/Techno Park, sehingga pada tahun 2015 diresmikan PGSP yang mana dulunya adalah Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis.

DSC_0053

Mega juga menjelaskan visi dan misi PGSP, sejarah PGSP, gedung dan fasilitas yang ditawarkan di PGSP seperti Museum Gumuk Pasir, Geocamp atau Rusunawa sebagai tempat menginap untuk umum ataupun mahasiswa magang atau KKL, ruang diklat untuk workshop, dan lainnya. Kegiatan yang dilakukan oleh PGSP seperti pembuatan Buku Geoekologi DIY, Jawa Tengah dan yang akan datang adalah Buku Geoekologi Indonesia, survey kemaritiman dan kebencanaan, dan pembuatan Buletin Geomaritime dan Bunga Rampai PGSP.

Roadshow juga diisi oleh alumni dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro yang saat ini bekerja di PGSP yaitu Gianova Andika Putri. Gianova menjelaskan bahwa banyak peluang bagi mahasiswa perikanan dan ilmu kelautan untuk menimba ilmu di PGSP dengan magang ataupun sekadar berkunjung di Museum Gumuk Pasirnya. Mahasiswa cukup antusias dan bertanya tentang apa saja yang bisa dilakukan jika mengambil magang di PGSP.

DSC_0018

Kuliah umum juga masuk dalam rangkaian roadshow ini. Dalam kuliah umum ini, pihak kampus memberikan tema Pengenalan dan Penerapan SIG di bidang Perikanan dan Kelautan. Kuliah umum diadakan sekitar 20 menit dengan pemateri Saudara Farid Ibrahim. Pada saat diskusi, cukup banyak mahasiswa yang bertanya.

PGSP juga menyediakan doorprize bagi mahasiswa yang beruntung. Adanya doorprize ini menambah antusiasme mahasiswa karena doorprize yang diberikan adalah handmade dari PGSP. Doorprize berupa pin, bolpoin, blocknote, stiker, dan kaos ala PGSP. Pembagian doorprize ini menjadi acara terakhir dalam roadshow PGSP ke Unversitas Diponegoro.

Cek video kami di :

https://youtu.be/-sbjV9AM7Sg

-Bern