Round Trip Seru Bersama WKM Dinas Kebudayaan DIY

Kamis (19/09/2019) Museum Gumuk Pasir mendapatkan jadwal kunjungan dari Wajib Kunjung Museum Dinas Kebudayaan Propinsi DIY dari 2 sekolah yang berbeda yaitu SD Sidomulyo, Sleman dan SMP N 1 Cangkringan. Masing-masing sekolah memang mendapatkan bantuan dari Dinas Kebudayaan Propinsi DIY untuk dapat melakukan kunjungan ke museum-museum dengan difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan. Tentunya program Wajib Kunjung Museum ini sangat bermanfaat bagi para pelajar yang mengikutinya.

koleksi museum gumuk pasir manambah wawasan siswa
SMP 1 Cangkringan Tampak Sedang Mempelajari Koleksi Museum Gumuk Pasir

SMP N 1 Cangkringan yang merupakan WKM Mandiri datang lebih awal. Sejumlah 150 siswa dan guru mulai memasuki museum. Rombongan dibagi menjadi 2 agar proses edukasi yang dilakukan dapat berjalan maksimal. Masing-masing kelompok melakukan roundtrip keliling museum dan menonton film tentang gumuk pasir di Parangtritis. Anak-anak tampak bersemangat sekali berkunjung di Museum Gumuk Pasir karena banyak informasi yang diperoleh dari kunjungan kali ini.

Tol laut mengajarkan siswa akan pelayaran kapal
SD Sidomulyo Belajar Tol Laut di Museum Gumuk Pasir

Rombonggan kedua yang datang berasal dari SD N Sidomulyo, Sleman dengan membawa 64 siswa dan guru. Kali ini rombongan dengan menggunakan bus WKM dan didampingi oleh pendamping WKM. Anak-anak mulai memasuki ruang film untuk menonton film kemudian dilanjutkan dengan roundtrip keliling museum. Tampak sekali anak-anak sangat menikmati kunjungan kali ini. Mereka terlihat bergantian dengan antusias untuk mencoba semua alat yang ada di museum. Mereka juga begitu bersemangat mengelilingi seluruh ruangan dan melihat setiap koleksi dengan detail sambal mendengarkan penjelasan dari edukator.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park