Seminar Nasional Ke-2 Pengeloalaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai

Magister Perencanaan Pengelolaan Pesisir dan daerah Aliran sungai (MPPDAS) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada pada tanggal 12 Mei 2016 menyelenggarakan Seminar Nasional Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai. Seminar ini merupakan kali ke-2 yang diadakan oleh MPPDAS Fakultas Geografi UGM. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Geografi UGM, Prof. Dr. R. Rijanta, M.Sc. kemudian dilanjudkan dengan pemaparan materi oleh 3 pembicara utama. Pembicara pertama adalah Kepala Badan Informasi Geospasial, Dr. Priyadi Kardono, M.Sc menyampaikan materi mengenai Peran Data Geospasial dalam Pengelolaan Pesisir dan DAS di Indonesia, dilanjudkan pembicara kedua adalah  Guru Besar Pengindraan Jauh untuk Hidrologi dan Pengelolaan DAS Fakultas Geografi UGM Prof. Dr. Totok gunawan, M.S menyampaikan materi mengenai Teknologi Pengindraan Jauh untuk Pengeloalaan Pesisir dan DAS. Pembicara ke tiga adalah Prof. Dr. Sunarto, M.S. Guru Besar Geomorfologi Pesisir Fakultas Geografi UGM menyampaikan materi mengenai Peran dan Fungsi Ekosistem Bentang Lahan Kepesisiran dalam Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai. Selain ketiga pembicara utama, seminar juga menghadirkan Dr. Thomas Mann dari Universitas Bremen, Jerman sebagai pembicara dengan membawakan materi tentang Holocene Sea Level Variability in Indonesia. Setelah seminar umum, acara dilanjudkan sesi pararel yang diikuti oleh 91 peserta yang terdaftar sebagai pemakalah.

Parangtritis Geomaritime Science Park, sebagai science park di bidang kepesisiran juga mengikuti acara seminar dengan mengirimkan beberapa pemakalah. Materi yang disampaikan diantaranya adalah terkait Urgensi Konservasi Pasir Vulkan di Pesisir Selatan DIY, Penyusunan Basisdata Peta Desa untuk Optimalisasi Perkembangan wilayah Kepesisiran, Pendekatan Sosio-kultural dalam Pemasangan Tetenger Zona Inti Sebagai upaya Edu-Restorasi Gumuk Pasir Barkhan dan Peramalan Luas Hutan Penutup Lahan pada Kawasan Hutan Konservasi di Indonesia Tahun 2015.

Parangtritis Geomaritime science Park aktif dalam mengikuti publikasi penelitian dan seminar baik itu skala Nasional maupun Internasional. Diharapkan sumbangsih penelitian dapat bermanfaat untuk kajian ilmiah bagi masyarakat, peneliti maupun praktisi di bidang spasial.-setyabawana