SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Belajar Gumuk Pasir

Jumat (15/03/2019) untuk kali kedua SMA Muhammadiyah 5 mengunjungi Museum Gumuk Pasir sebagai salah satu tujuan pembelajaran luar kelas. Tujuan utama kegiatan pembelajaran luar kelas ini adalah untuk mengajak siswa mengenal lebih banyak kondisi geografi di kawasan pesisir khususnya keberadaan Gumuk Pasir di Parangtritis.

Siswa-siswi kelas X yang berjumlah 130 orang mulai memasuki ruang audio visual untuk melihat film tentang Potensi Pesisir Pantai Selatan. Anak-anak tampak antusias melihat film dan aktif dalam diskusi kecil yang dilakukan setelah menonton film. Mereka aktif menjawab dan bertanya tentang keberadaan Gumuk Pasir di Parangtritis.

SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta belajar Gumuk Pasir
SIswa siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Belajar Jalur Tol Laut

Setelah selesai diskusi, kemudian peserta dibagi menjadi 2 kelompok untuk berkeliling museum. Pemandu menjelaskan banyak hal tentang isi dari Museum Gumuk Pasir ini. Para siswa mendengarkan sambil sesekali mencoba beberapa alat pemetaan di lantai 2. Beberapa anak terlihat penasaran dan bertanya mengenai alat-alat pemetaan yang ukurannya cukup besar. Museum ini memang sangat cocok digunakan sebagai tujuan pembelajaran luar kelas khususnya Ilmu Pengetahuan Sosial bagi para pelajar.

Terima Kasih atas kunjungannya, semoga ilmunya bermanfaat.

Salam Sahabat Museum

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Scince Park