Museum Gumuk Pasir Sasaran Edukasi Siswa SMA N 8 Surakarta

Senin (01/04/2019) Museum Gumuk Pasir siang ini menjadi salah satu tujuan pembelajaran luar kelas bagi siswa-siswi SMA N 8 Surakarta. Sebanyak 80 siswa kelas XI ditemani guru pendamping memasuki gedung museum. Kunjungan dibagi menjadi 2 kelompok. Para siswa mulai memasuki ruang audio visual untuk menonton film tentang Dinamika Pesisir Pantai Selatan baru kemudian melakukan. Sedangkan kelompok kedua round-trip di lantai 1. Para siswa tampak antusiasi mengikuti semua alur kunjungan di Museum Gumuk Pasir.

SMA N 8 Surakarta belajar di Museum Gumuk Pasir Parangtritis
SMA N 8 Surakarta Mengunjungi Museum Gumuk Pasir sebagai Sarana Pembelajaran

Penting sekali berkunjung ke museum karena di dalam museum kita dapat mempelajari banyak pengetahuan dan informasi. Pengalaman untuk melihat secara langsung barang/benda menjadikan pengalaman yang luar biasa bagi para siswa. Museum Gumuk Pasir menjadi tujuan rutin pembelajaran luar kelas bagi SMA N 8 Surakarta. Sudah sejak lama, museum ini menjadi tujuan utama wisata edukasi bagi para siswanya. Karena selain biaya gratis, para siswa juga mendapat edukasi yang sesuai dengan pelajaran di sekolah.

Tidak hanya untuk siswa-siswi SMA N 8 Surakarta, Museum Gumuk Pasir merupakan sarana edukasi yang cocok untuk pembelajaran luar kelas Ilmu Pengetahuan Sosial. Di dalam museum ini berisi informasi dan koleksi yang berkaitan dengan kepesisiran dan kemaritiman Indonesia. Tidak hanya itu saja, sesuai dengan namanya museum ini juga menyimpan informasi tentang gumuk pasir. Selain itu juga berisi koleksi alat-alat pemetaan yang digunakan untuk melakukan kegiatan pemetaan wilayah dan penginderaan jauh. Sehingga museum ini menjadi sangat cocok sebagai tujuan destinasi wisata edukasi bagi para pelajar.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Scince Park