SMA Negeri 1 Klaten Mendapat Ilmu dari Museum Gumuk Pasir

Kamis (14/03/2019) Museum Gumuk Pasir mendapat kunjungan dari SMA Negeri 1 Klaten berjumlah 441 siswa dan guru pendamping. Kegiatan fieldtrip ke Museum Gumuk Pasir ini merupakan agenda rutin tahunan yang sudah berlangsung 2 tahun. Anak-anak diajak untuk mengetahui potensi gumuk pasir di wilayah pesisir pantai selatan. Rombongan ini terdiri dari 2 jurusan yaitu kelas IPS dan kelas IPA. Kelas IPS bertujuan untuk mengetahui nilai ekonomi keberadaan gumuk pasir bagi masyarakat sekitar. Sedangkan anak-anak jurusan IPA mempelajari ekosistem dan kondisi gumuk pasir saat ini.

Kunjungan dibagi menjadi 5 kloter karena jumlah pengunjung yang banyak, agar tidak terjadi kepadatan di Gedung Kerucut. Secara bergantian mereka memasuki ruang audio visual, berkeliling museum dan menyaksikan simulasi drone. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Klaten ini sangat antusias mengikuti alur kunjungan di museum. Pengalaman langsung melihat dan mencoba berbagai alat pemetaan di dalam Gedung membuat mereka betah berada di museum ini.

SMA Negeri 1 Klaten mendapat ilmu tentang manfaat gumuk pasir
SMA Negeri 1 Klaten tampak antusias belajar tentang gumuk pasir

Selain siswa itu juga mereka terlihat begitu antusias mengikuti simulasi cara mengoperasikan drone, secara bergantian mereka mencoba mengoperasikan drone dengan baik dengan menggunakan remote maupun sensor tubuh. Ternyata ada drone yang bisa dioperasikan dengan menggunakan sensor tubuh, keren ya.. mau tahu lebih lanjut? Ayo ke Museum Gumuk Pasir.

Setelah melakukan kunjungan di Museum Gumuk Pasir, para siswa dan guru SMA Negeri 1 Klaten kemudian diajak menuju ke Kawasan Gumuk Pasir untuk melihat secara langsung bagaimana bentuk dan kondisi dari Gumuk Pasir saat ini. Meskipun udara panas dan teriknya matahari tidak mengurangi semangat mereka dalam menerima pengetahuan tentang gumuk pasir yang dijelaskan oleh para pemandu. Anak-anak tampak serius mendengarkan penjelasan pemandu tentang bagaimana kondisi gumuk pasir saat ini, cara megkonservasinya serta manfaat gumuk pasir bagi ekonomi masyarakat sekitar.

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga ilmunya bermanfaat ya…

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Scince Park