SMA Sang Timur Ikuti WKM di Museum Gumuk Pasir

Rabu (08/05/2019) Program Wajib Kunjung Museum (WKM) kembali berkunjung di Museum Gumuk Pasir. Kunjungannya kali dengan membawa rombongan siswa-siswi SMA Sang Timur Yogyakarta yang berasal dari Kelas X dan XI. Sebanyak 117 siswa dan guru pendamping memasuki ruang audiovisual untuk menonton film terlebih dahulu. Film yang disuguhkan berkaitan dengan Dinamika Potensi Pesisir Pantai Selatan. Film ini menceritakan tentang potensi yang dimiliki pesisir selatan yaitu keindahan wisata pantai, wisata kuliner, wisata budaya serta potensi lain yaitu keberadaan gumuk pasir. Melihat film ini membuat pengunjung menjadi mengerti tentang proses pembentukan gumuk pasir serta pentingnya melestarikan gumuk pasir. Selain menonton film, di dalam ruang audio visual biasanya juga dilakukan diskusi singkat yang melibatkan pengunjung.

SMA Sang Timur Berkunjung ke Museum Gumuk Pasir
SMA Sang Timur Belajar Kepesisiran di Museum Gumuk Pasir

Setelah selesai menonton dan berdiskusi, para siswa selanjutnya dipandu untuk berkeliling museum mulai dari Gedung Kerucut, Lorong Pengetahuan hingga Gedung Display. Siswa-siswi SMA Sang Timur tampak begitu bersemangat melihat koleksi yang ada di dalam museum. Tampak beberapa siswa bertanya tentang beberapa alat pemetaan dan mencoba menggunakannya. Di lantai 4 mereka melihat pemandangan alam sekitar museum untuk melihat tebing karst di sisi timur, laut selatan serta tutupan vegetasi di gumuk pasir sehingga mereka memiliki gambaran lingkungan pesisir pantai Parangtritis.

Wajib Kunjung Museum merupakan program yang dicetuskan oleh pemerintah DIY untuk menjadikan museum sebagai salah satu pusat pembelajaran, penelitian dan rekreasi bagi pelajar di DIY. WKM dilaksanakan oleh Bidang Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY sejak tahun 2013 sampai sekarang. Semoga dengan program WKM ini dapat mempromosikan museum sebagai wahana baru wisata edukasi bagi para pelajar.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park