Studi Fenomena Geosfer dan Pemetaan Wilayah Universitas Negeri Semarang

Rabu (24/04/2019) Museum Gumuk Pasir menjadi tujuan kuliah kerja lapangan bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Kunjungannya terbagi menjadi 2 rombongan, rombongan Universitas Negeri Semarang pagi merupakan mahasiswa Diploma Survey dan Pemetaan Fakultas Ilmu Sosial berjumlah 21 orang, sedangkan rombongan Universitas Negeri Semarang siang berasal dari mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Geografi yang berjumlah 115 orang. Kunjungannya kali ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Studi Fenomena Geosfer  bagi mahasiswa S1 semester 2. Sedangkan untuk mahasiswa Diploma bertujuan untuk Studi Pemetaan Wilayah Pesisir.

Studi Fenomena Gesofer dan Pemetaan Wilayah Pesisir Universitas Negeri Semarang
Studi Fenomena Gesofer dan Pemetaan Wilayah Pesisir Universitas Negeri Semarang

Kunjungan diawali dengan menonton film tentang Dinamika Kepesisiran Bantul di ruang audio visual. Film ini menceritakan tentang keunikan bentang lahan kepesisiran di Bantul khususnya keunikan terbentuknya Gumuk Pasir Barchan di pesisir Parangtritis. Dalam kunjungannya, mahasiswa juga mendapat pemaparan materi dari Bpk Fajrun Wahidin Muharram. Materi yang disampaikan ada 3 macam yaitu Profil PGSP, Gumuk Pasir dan Pemetaan Wilayah. Selain itu, juga dilengkapi adanya presentasi dari para mahasiswa yang sedang melakukan skripsi di kawasan pesisir selatan, sehingga bisa menjadi inspriasi penelitian bagi mahasiswa UNNES. Setelah pemaparan materi selesai kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Para mahasiswa tampak antusias mengangkat tangan untuk bertanya terkait dengan fenomena geosfer yang ada di kawasan pesisir pantai selatan.

Parangtritis Geomaritime Science Park memiliki visi untuk menjadi center of excellent for geospatial information technology, education, research, and innovation di bidang kepesisiran dan kelautan di Indonesia. Salah satu misinya adalah meningkatkan peran gumuk pasir sebagai sarana pembelajaran. Salah satu caranya adalah pemberian materi terkait dengan fenomena alam yang ada di pesisiran serta pemetaan wilayah. Sehingga selain kunjungan roundtrip dan nonton film dokumenter di gumuk pasir, jika berkenan para pengunjung juga bisa mendapatkan pemaparan materi sesuai dengan tema yang diinginkan yang terkait dengan kemaritiman, kepesisiran dan kebencanaan, tentunya dengan konfirmasi terlebih dahulu melalui website atau contact person PGSP. Semoga ke depan PGSP semakin dapat menebarkan ilmu pengetahuan bagi para pengunjungnya.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park