Universitas Lampung: Menggali Pengetahuan dari Gumuk Pasir

Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) menerima kunjungan dari Pendidikan Geografi Universitas Lampung pada hari Minggu, 25 Februari 2018. Rombongan terdiri dari 170 mahasiswa dan 5 dosen pendamping. Kunjungan kali ini dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke-1 bagi angkatan 2016 dan KKL ke-2 bagi angkatan 2015. Kunjungan ke PGSP turut didampingi oleh Dr. Sugeng Widodo S.Pd., M.Pd selaku koordinator KKL Pendidikan Geografi Universitas Lampung.

Rombongan tiba di PGSP pada pukul 09.30 WIB. Demi kenyamanan saat berkunjung, rombongan kunjungan dibagi menjadi 2 kelompok. Kunjungan dipandu oleh mahasiswa magang dari Universitas Diponegoro dan tim PGSP. Kunjungan kali ini diawali dengan menonton video geospasial Bantul di Ruang Studio dilanjutkan mengelilingi lantai satu gedung kerucut. Pada kunjungan tersebut, tim PGSP memberikan pemaparan mengenai kegiatan penelitian terkait fenomena alam pembentukan gumuk pasir yang dilakukan PGSP. Mahasiswa juga mendapat pengetahuan lebih dalam, melalui kegiatan tanya jawab ketika kunjungan berlangsung.

Usai mengelilingi lantai 1 gedung kerucut, kunjungan dilanjutkan dengan menjelajahi lantai 2 dan lantai 3 yang bertema iptek dan gumuk pasir hingga lantai 4. Mahasiswa sangat antusias saat berada di lantai 2. Mahasiswa  ketika melihat koleksi alat yang digunakan dalam pembuatan peta, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mengarah pada perkembangan teknologi pembuatan peta. Kunjungan kali ini, menuai komentar positif dari mahasiswa Universitas Lampung. “Ini adalah kali pertama saya mengunjungi museum gumuk pasir di PGSP. Banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan. Harapannya semoga PGSP kedepannya dapat lebih baik lagi, terutama dalam penambahan jumlah peragaan” tutur Abdel Tasman salah satu rombongan dari Pendidikan Geografi angkatan 2016. Kunjungan diakhiri dengan penyerahan plakat dan foto bersama di depan museum gumuk pasir.

unila