Barchan Rangers: We Love Sand Dunes Forever

Berawal dari ketertarikan terhadap keunikan fenomena Gumuk Pasir di Parangtritis, sekelompok siswa dari SMA N 1 Jetis Bantul tergerak untuk membuat sebuah komunitas pecinta gumuk pasir. Barchan Rangers Club atau disingkat BRC adalah sebuah komunitas atau club yang dibentuk oleh siswa-siswi SMA N 1 Jetis sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap keberadaan Gumuk Pasir di Parangtritis. Tidak hanya mencintai saja, tetapi komunitas ini juga berencana untuk melakukan aksi sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi gumuk pasir saat ini.

Pengenalan Gumuk Pasir Parangtritis ke anggota Barchan Rangers Club
Barchan Rangers Club Belajar Kepesisiran Melalui Film

Kegiatan perdana yang dilakukan oleh BRC adalah mengenal Gumuk Pasir dengan melakukan kunjungan di Museum Gumuk Pasir. KOmunitas ini diajak untuk melihat film tentang dinamika Pesisir Pantai Selatan untuk melihat bagaimana proses pembentukan gumuk pasir di Parangtritis. Selain itu dari film ini, diharapkan para Barchan Rangers juga mengetahui kondisi gumuk pasir yang semakin berkurang. Setelah melihat film, kemudian para siswa diajak untuk berkeliling di Museum Gumuk Pasir.

Barchan Rangers Club peduli tentang Gumuk Pasir Parangtritis
Pengarahan Agenda Kegiatan Barchan Rangers Club

Pengenalan awal terhadap Gumuk Pasir ini diharapkan akan memunculkan ide-ide dari para Barchan Rangers untuk melakukan aksi nyata  terhadap keberadaan gumuk pasir saat ini yang semakin berkurang.  Tentunya peran generasi muda seperti Barchan Rangers ini akan sangat dibutuhkan untuk kelestarian Gumuk Pasir Parangtritis. Adanya Barchan Rangers Club diharapkan akan menularkan semangat dan menjadi contoh bagi generasi muda untuk peduli terhadap kelestarian alam khususnya Gumuk Pasir Parangtritis.

Follow Instagram Barchan Rangers Club : https://www.instagram.com/barchan.rangers.club/

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park