Ekskursi National Taiwan Normal University ke PGSP

Kamis (18/01/2018) delegasi National Taiwan Normal University (NTNU) berkunjung ke Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP). delegasi berjumlah 35 orang terdiri dari mahasiswa S1 tingkat akhir, mahasiswa S2, dan tiga profesor dari NTNU. Kunjungan ke PGSP adalah dalam rangka ekskrusi, yang mana sebelumnya rombongan delegasi berkunjung ke Candi Borobudur.

Pelayanan kunjungan di PGSP merupakan salah satu wujud misi PGSP, yaitu meningkatkan peran Museum Gumuk Pasir. kunjungan delegasi NTNU disambut oleh staff PGSP. Rombongan diarahkan menuju gedung Museum Gumuk Pasir. Seperti pelayanan kunjungan yang lain, pengunjung dari NTNU juga diajak untuk memasuki ruang audio visual. Video Geospasial Pesisir Bantul yang menjelaskan geomaorfologi bentang alam pesisir Bantul dan paparan yang disampaikan tim PGSP, khususnya gumuk pasir cukup menyira perhatian para pengunjung dari NTNU. Sebagai negara yang sama-sama memiliki fenomena alam gumuk pasir, pengunjung menggali informasi gumuk pasir yang terbentang di pesisr Bantul Yogyakarta. Prof. Tsung Yi Lin yang merupakan ahli bentang alam pesisir di NTNU tertarik pada informasi zonasi kawasan di Kawasan Kagungan Dalem Gumuk Pasir Parangtritis. Beberapa pengunjung juga tertarik mengenai ekowisata yang ada di zona inti gumuk pasir.

Pengunjung dari NTNU Taiwan juga berkesempatan mengelilingi Museum Gumuk Pasir di PGSP. mengelilingi zona geomaritime di lantai 1, pengunjung tertarik pada tampilan video mapper kedalaman laut dan juga informasi jalur tol laut di Indonesia. Dalam kunjungan NTNU ke PGSP, PGSP juga mendapatkan cinderamata khas Taiwan. Dengan adanya kunjungan dari NTNU Taiwan ke PGSP, harapannya dapat menjadi sarana pengenalan PGSP ke dunia internasional sehingga ke depan dapat dimungkinkan kerja sama penelitian mengenai kepesisiran dan kemaritiman.