Kunjungan SMA N 2 Sukoharjo dan SMA Santa Maria di Museum Gumuk Pasir

Rabu (16/10/2019) Museum Gumuk Pasir mendapat kunjungan dari SMA N 2 Sukoharjo yang berjumlah 48 anak siswa kelas XI yang didampingi beberapa guru pendamping. Selain itu juga, Museum Gumuk Pasir juga mendapat kunjungan dari SMA Santa Maria Yogyakarta yang berjumlah 135 siswa putri. Kunjungan SMA N 2 Sukoharjo dan SMA Santa Maria dengan kegiatan menonton film tentang Dinamika Pesisir Pantai Selatan. Kegiatan menonton film berlangsung selama kurang lebih 15 menit kemudian dilanjutkan dengan diskusi terkait dengan keberadaan gumuk pasir. Diskusi berjalan lancar, para siswa aktif bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh educator. Selesai diskusi, para siswa diajak untuk roundtrip Museum Gumuk Pasir.

Simulasi Tol Laut di Museum Gumuk Pasir
Penjelasan Mengenai Tol Laut Indonesia ke Siswa SMA N 2 Sukoharjo

Perjalanan pertama dilakukan dengan mengelilingi Gedung kerucut yang dimulai dari Bilik Interaktif yang berisi hologram proses pembentukan gumuk pasir. Setelah itu para siswa menuju zona bahari untuk melihat potensi pesisir pantai selatan DIY. Tidak sabar memasuki ruang zona kapal selam, yang mana para siswa dapat melihat kedalaman laut dari mulai zona yang bisa dihuni ikan, ditembus matahari hingga yang paling dalam di dunia yaitu Palung Mariana. Kemudian para siswa diajak untuk melihat rencana Tol Laut dan khazanah maritim Indonesia dan Sejarah Kemaritiman Indonesia.

SMA Santa Maria Yogyakarta Berkunjung ke Museum Gumuk Pasir
SMA Santa Maria Yogyakarta Belajar Gumuk Pasir dari Pemutaran Film

Setelah selesai dari lantai 1, kemudian diajak diajak menuju ke lantai dua untuk menuju zona teknologi pemetaan dan penginderaan jauh. Di zona teknologi pemetaan ini para siswa dapat melihat dan mencoba beberapa alat pemetaan seperti Stereoskop, Stereozoom Microscop dan beberapa alat lainnya. Setelah dari lantai 2 kemudian para siswa diajak untuk menuju lantai 3 dan lantai 4. Setelah itu turun dan menuju ke Lorong pengetahuan dan Gedung display.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park