Mengenalkan Keelokan Museum Lewat Gelar Potensi Museum 2019

Gelar Potensi Museum di awali dengan pawai karnaval
Pasukan Laut Kidul dengan Tema Kepesisiran

Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan Gelar Potensi Museum 2019 dengan mengangkat tema “Dalam Naungan Merah Putih, Merangkai Artefak Keindonesiaan”. Rangkaian acara Gelar Potensi Museum 2019 dibuka dengan pentas seni sekolah da pawai potensi museum pada tanggal 7 Agustus 2019. Pawai Potensi Museum diikuti oleh 37 museum yang akan menampilkan keelokan museum lewat atraksi yang akan dipertunjukan di jalan mulai dari Pemda Sleman dan diakhiri di Sleman City Hall. Setelah pawai berlangsung, akan dibuka juga pameran reguler yang akan dilaksanakan mulai tanggal 7-10 Agustus 2019 di Atrium Rama Sleman City Hall.

Museum Gumuk Pasir Mengenalkan Gumuk Pasir ke masyarakat umum
Museum Gumuk Pasir Berpartisipasi dalam Pawai Karnaval

Museum Gumuk Pasir sebagai salah satu museum anggota Barahmus DIY turut berpartisipasi dalam rangkaian acara pawai dan pameran potensi museum. Atraksi pawai yang ditampilkan yaitu mobil hias miniatur gedung museum ditambah dengan sentuhan artistik yang menceritakan tentang proses terbentuknya Gumuk Pasir Parangtritis dimulai dari erupsi Gunung Merapi yang mengeluarkan material pasir yang terbawa aliran sungai Opak dan Progo sampai ke muara dan masuk ke laut. Visual sungai yang mirip sungai betulan juga ditampilkan. Selanjutnya, gundukan pasir juga dibuat supaya kesan gumuk pasir terlihat nyata. Tak hanya mobil hias yang filosofis, seluruh staff museum juga turut berpartisipasi memeriahkan pawai dengan membuat mini atraksi dan yel-yel, serta membagikan leaflet museum. Museum Gumuk Pasir juga turut serta dalam pameran potensi museum dengan menampilkan salah satu alat pemetaan yaitu stereoskop dengan foto udara Yogyakarta. Alat tersebut merupakan piranti untuk melihat foto udara terlihat 3D.

Gelar Potensi Museum 2019 menjadi sarana museum-museum DIY untuk mengenalkan keelokan museum
Salah Satu Koleksi Museum Gumuk Pasir di Pemeran Gelar Potensi Museum

Gelar Potensi Museum 2019 menjadi sarana museum-museum DIY untuk mengenalkan keelokan dan aset museum yang dimiliki kepada masyarakat. Selain itu, rangkaian acara juga menjadi sarana untuk mempromosikan museum kepada masyarakat agar masyarakat lebih dekat mengenal museum. Museum tidak hanya sekedar gudang masa sejarah, namun museum menyimpan fakta masa lalu dan masa kini.

Salam sahabat museum. Bern/MGP

 


Bernike Hendrastuti
Pendamping Kunjungan dan Promosi
Parangtritis Geomaritime Science Park
Badan Informasi Geospasial