Open House Museum Gumuk Pasir Bersama SD N Bungkus dan SD N 2 Parangtritis

Kegiatan Open House Museum Gumuk Pasir merupakan salah satu kegiatan yang diadakan dalam rangka kegiatan VISAFEST (Visit in Sand Dunes Festival) 2019 oleh Parangtritis Geomaritime Science Park  (PGSP). Kegiatan ini dilakukan dengan mengundang 2 sekolah yaitu SD 2 Parangtritis berjumlah 50 anak dan SD N Bungkus dengan berjumlah 55 siswa. Setiap sekolah berasal dari kelas IV, V, dan VI dengan didampingi oleh guru pendamping masing-masing.

SD N Bungkus menjadi cheers dalam perlombaan lari
SD N Bungkus Memeriahkan Acara The Royal Geospatial Sand Dunes Run

. Anak- anak sudah mulai berdatangan pada pukul 06.00 pagi. Siswa dari SD N Bungkus datang dengan menggunakan sepeda sedangkan dari SD N 2 Parangtritis dijemput dengan menggunakan bus. Para siswa undangan tersebut mendapatkan perlengkapan berupa topi, balon, bendera, dan peluit yang akan digunakan sebagai peralatan untuk menjadi supporter bagi para pelari The Royal Jogja Sand Dunes Marathon 2019.

Selain melakukan kunjungan di Museum Gumuk Pasir, para siswa juga diajak untuk ikut memberikan semangat kepada para pelari Sand Dunes Run 2019 yang akan mencapai garis finish. Para siswa menggunakan seragam olahraga masing-masing dan mengenakan atribut yang telah diberikan.

SD N 2 Parangtritis memeriahkan festival gumuk pasir
SD N 2 Parangtritis juga ikut serta dalam memeriahkan Open House Museum Gumuk Pasir

Setelah selesai ikut memeriahkan kegiatan lari dengan menjadi supporter, anak-anak diajak untuk kembali ke area Science Park. Anak-anak diajak untuk Open House Museum Gumuk Pasir. Siswa-siswi mulai memasuki gedung museum dari lantai dua di Gedung Kerucut Museum Gumuk Pasir, kemudian berjalan melihat koleksi di lantai dua. Setelah itu mereka memasuki ruang film untuk melihat film tentang Dinamika Pesisir Pantai Selatan. Anak-anak terlihat antusias memperhatikan pemutaran film tentang gumuk pasir. Apalagi setelah itu mereka mendapat pengarahan dengan narasumber Bapak Sugeng Prijadi dari Badan Informasi Geospatial. Anak-anak siswa SD N 2 Parangtritis dan SD N Bungkus ini adalah anak-anak yang dalam kesehariannya tinggal dan berhadapan langsung dengan gumuk pasir. Tentunya anak-anak ini akan menjadi agen perubahan bagi kelestarian wilayah sekitarnya. Serta menjadi bagian dalam menyebarluaskan semangat untuk melestarikan dan menjadi fenomena unik di sekitar tempat tinggalnya.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park