Parangtritis dan Pitulasan 2016

Peringatan menjelang Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-71, mulai dilakukan oleh warga di seluruh wilayah Indonesia. Peringatan tersebut dapat diamati dengan memperhatikan tatanan bendera serta umbul-umbul yang terpasang berjejer di pinggir jalan. Semua warga dengan antusias memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus 2016.  Seperti demikian, peringatan dan nuansa kemerdekaan Republik Indonesia juga dilakukan oleh Masyarakat Desa Parangtritis.

17Masyarakat Desa Parangtritis memperingati Hari Kemerdekaan dengan melakukan kerja bakti bersih kampung. Tradisi bersih kampung bersama-sama dengan warga, masih terjaga hingga sekarang. Budaya kerja bakti adalah salah satu warisan dari nenek moyang yang sangat penting untuk dilestarikan agar tidak hilang. Dari kebiasaan kerja bakti, berarti mencerminkan diri cinta akan kebersihan dan tolong menolong antar sesama.

Kegiatan rutin tahunan warga lainya adalah budaya malam tirakatan. Tirakatan adalah upaya mengintrospeksi diri dan mengingatkan diri untuk selalu mawas diri bahwa kemerdekaan Republik Indonesia didapatkan dengan perjuangan yang keras.

.

Anggara Setyabawana Putra

Share: