Peduli Corona, PGSP Selenggarakan Lomba Bertema Corona

Pandemi virus corona atau covid19 marajela hampir di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Kondisi genting tersebut membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Study from Home atau belajar di rumah bagi seluruh siswa dan mahasiswa di Indonesia. Selain itu, pembatasan sosial juga diterapkan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus. Mau tak mau, masyarakat hanya bisa di rumah dan bepergian seperlunya agar tetap sehat dan aman.

Peduli pada kondisi dewasa ini, Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) yang merupakan bagian dari Badan Informasi Geospasial, menyelenggarakan PGSP Online Event dengan 2 kategori lomba yaitu Lomba Mewarnai dan Lomba VLOG. Masyarakat sebagai siswa, mahasiswa, ataupun orang tua butuh alternatif kegiatan supaya tetap di rumah saja. Melalui berbagai PGSP Online Event harapannya dapat membuat masyarakat lebih aware pada pandemi virus covid19. Karena masih banyak yang bersikap acuh.

Poster Lomba PGSP Online Event Selama Pandemik Corona
Gambar 1. Poster Lomba PGSP Online Event Periode Pertama

Lomba mewarnai diselenggarakan oleh PGSP sebagai upaya edukasi pada anak – anak terhadap virus corona. “Lekas Sembuh Bumiku” menjadi tema lomba mewarnai yang sasarannya adalah anak usia di bawah 7 tahun. Anak – anak dapat mengikuti lomba mewarnai secara gratis dan didaftarkan oleh orang tua atau kerabat pada link pendaftaran https://s.id/lombamewarnai. Peserta yang sudah mendaftar dapat mengunduh template gambar yang disediakan PGSP dan diwarnai di rumah masing-masing. Walaupun dikerjakan di rumah, proses mewarnai tetap tidak boleh dibantu. Hal tersebut merupakan upaya melatih kejujuran dan sportivitas sejak dini. Pengiriman hasil karya dilakukan dengan cara mengunggah hasil karya yang dipegang peserta melalui instagram orangtau atau kerabat dengan memberikan hastag #pgsponlievent dan #lombamewarnai. Antusias masyarakat Indonesia ternyata sangat besar pada penyelenggaraan lomba mewarnai online yang diselenggarakan. Sampai di tanggal akhir pendaftaran dan pengumpulan karya kurang lebih ada 487 pendaftar dan 275 karya yang terkumpul. Peserta yang mendaftar berasal dari berbagai daerah baik di dari Yogyakarya maupun di luar Yogyakarta seperti Surakarta, Jakarta, Bandung, Ngawi, Palembang, Nusa Tenggara Timur, Bogor, dan lain-lain. Setelah melalui diskusi dan penilaian dengan mempertimbangkan komposisi, teknik, kreativitas, kebersihan, dan kerapian, Di akhir Mei 2020, tepatnya tanggal 30 Mei 2020 telah dipilih 3 pemenang lomba mewarnai. Pemenang lomba mewarnai yaitu Sayyidah Sulton Mila sebagai juara 1, Albert Ryan sebagai juara 2 dan Callysta Nurizza sebagai juara 3.

Pemenang Lomba Mewarnai PGSP Online Event
Gambar 2. Berikut ini adalah daftar pemenang lomba mewarnai PGSP

PGSP juga memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk beraksi melawan virus corona di daerahnya masing-masing. Melalui Lomba Vlog dengan tema “Aksi Lawan Corona di Daerahku” harapannya dapat memantik para generasi muda untuk lebih peduli terhadap pandemi corona di daerahnya masing-masing. Dalam lomba vlog yang diselenggarakan, vlog wajib bercerita tentang kondisi persebaran corona di daerah masing – masing sesuai dengan referensi peta di https://covid19.big.go.id . Selanjutnya peserta dapat bercerita tentang aksi yang sudah dilakukan untuk melawan corona di daerahnya masing – masing. Ternyata cukup banyak generasi muda yang tergerak hatinya untuk mendokumentasikan aksinya dalam melawan corona baik secara berkelompok ataupun individu. Kurang lebih 33 peserta mendaftar dan 28 karya terkumpul dalam Lomba vlog yang diselenggarakan. Bersamaan dengan pengumuman lomba mewarnai, pemenang lomba vlog juga diumumkan pada tanggal 30 Mei 2020. Setelah mempertimbangkan karya – karya yang masuk berdasarkan kesesuaian dengan tema, isi vlog teknis, dan keunikan karya, telah terpilih pemenang lomba vlog. Pemenang lomba vlog yaitu Romy Indra Wijayanta sebagai juara 1, juara 2 yaitu Eki Arum Khasanah dan juara 3 yaitu Fatika Dewi Shafira. Dengan lomba yang diselenggarakan, PGSP memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk tetap berkontribusi melalui hal sederhana.

Pemenang Hasil Lomba Vlog PGSP
Gambar 3. Berikut ini adalah daftar pemenang lomba vlog PGSP

PGSP mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan antusiasnya dalam mengikuti PGSP Online Event. Beberapa peserta termuda dan terantusias mendapatkan souvenir khusus dari PGSP sebagai apresiasi atas semangatnya dalam berpartisipasi. Bagi peserta yang belum berkesempatan untuk menang harapannya dapat terus berkarya dengan semangat yang lebih membara. Harapannya, melalui PGSP Online Event, keingintahuan anak – anak pada virus corona lebih besar, sehingga ketika new normal sudah dimulai, anak – anak dapat lebih menjaga diri. PGSP juga mengenalkan produk informasi geospasial yang berkaitan dengan virus covid19 tersebut. Harapannya, para generasi muda lebih aware di lingkungan sendiri dan menjadi motivasi supaya bergotong – royong mencegah penyebaran virus covid19 tersebut. Mari bersama – sama peduli sesuai dengan kapasitas masing – masing.

 


Bernike Hendrastuti
Pendamping Kunjungan dan Promosi
Parangtritis Geomaritime Science Park
Badan Informasi Geospasial