Pembelajaran Luar Kelas yang Asyik di Museum Gumuk Pasir

Kamis (14/02/2019) sebanyak 104 siswa-siswi SMA N 1 Girimulyo berkunjung ke Museum Gumuk pasir. Kunjungan kali ini dalam rangka pembelajaran luar kelas dengan mengunjungi beberapa lokasi salah satunya Museum Gumuk Pasir. Khusus untuk kunjungan di museum ini memiliki tujuan untuk mempelajari kondisi geografi yang ada di sekitar kawasan pesisir. Ketika memasuki Gedung kerucut siswa-siswi ini terlihat antusias mengamati informasi dan objek yang ada di museum. Sesekali terlihat mereka memegang beberapa alat-alat pemetaan di lantai 2 dan mencobanya kemudian mengajukan beberapa pertanyaan.

PGSP menerima kunjungan dari SMA N 1 Girimulyo
SMA N 1 Girimulyo berkunjung ke Museum Gumuk pasir

Rombongan SMA N 1 Girimulyo dibagi menjadi 2 kloter karena jumlahnya yang banyak. Kloter pertama memasuki ruang audiovisual kemudian dilanjutkan berkeliling museum. Sedangkan kloter kedua berkeliling museum baru kemudian memasuki ruang audio visual. Di dalam ruang audio visual, para siswa terlihat serius mengamati film, kemudian melakukan diskusi terkait dengan proses pembentukan gumuk pasir, manfaat dan cara mengkonservasinya agar tetap terjaga keberadaaannya.

Terdapat juga simulator drone di Museum Gumuk Pasir
Siswa SMA N 1 Girimulyo Mencoba Permainan Simulator Drone

Perlu diketahui bahwa kawasan pesisir pantai selatan ini memiliki banyak potensi, mulai dari wisata pantai, wisata kuliner, dan yang tak kalah penting adalah keberadaan gumuk pasir yang memiliki banyak manfaat seperti tembok alam pelindung gelombang besar, penyedia air tawar dan keelokan bentuknya menjadi potensi tersendiri bagi pesisir selatan. Sudah sepantasnya kita sebagai generasi penerus harus ikut serta dalam upaya pelestarian gumuk pasir di pesisir pantai selatan ini.


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Scince Park