PGSP Membuka Layanan Kunjungan Secara Online

Parangtritis Geomaritime Science Park sebagai pusat informasi kepesisiran kembali membuka kunjungan untuk masyarakat. Penerimaan kunjungan kembali untuk masyarakat ini mulai dilakukan setelah 4 bulan tidak menerima kunjungan akibat pandemi Covid-19. Penerimaan kunjungan kali ini dibuka secara online. Pembukaan kunjungan meliputi kunjungan literasi, kunjungan museum dll.

Kunjungan museum gumuk pasir yang biasanya dilakukan langsung di museum sekarang dilakukan secara virtual. Kunjungan virtual / Virtual Tour Bersama PGSP telah dilakukan uji coba untuk masyarakat umum pada tanggal 2 Juli 2020 melalui aplikasi Zoom Meeting. Uji coba ini mendapatkan antusias masyarakat yang cukup bagus. Uji coba kunjungan virtual ini meliputi kegiatan berkeliling museum Gumuk Pasir dan sesi diskusi mengenai kepesisiran. Uji coba virtual tour bersama PGSP ini diikuti oleh 89 pengunjung yang berasal dari berbagai daerah. Selain itu, pada tanggal 3 Juli 2020 PGSP menerima kunjungan virtual dari STIPRAM. Kunjungan virtual kali ini diikuti oleh 114 mahasiswa STIPRAM. Penyelenggaraan kunjungan virtual oleh PGSP ini sebagai upaya untuk tetap melayani masyarakat dalam memperoleh informasi kepesisiran.

PGSP Menyelenggarakan Virtual Tour Berkeliling Museum Gumuk Pasir
Gambar 1. Situasi Virtual Tour yang Diselenggarakan PGSP

Kedepannya, selama pandemi Covid-19 PGSP akan terus hadir melayani permintaan kunjungan virtual dari masyarakat. Kunjungan virtual PGSP dibuka untuk umum dengan durasi kunjungan selama 45 menit dan kuota minimal 50 orang perkelompok. Kunjungan virtual PGSP tersedia setiap hari Senin – Jumat pukul 10 dengan mendaftarkan diri pada https://s.id/kunjunganpgsp. Kunjungan online PGSP dilengkapi oleh e-sertifikat dan souvenir menarik.

Selain hadir Kembali untuk masyarakat melalui kunjungan online PGSP juga menyiapkan 2 program baru yaitu Plesiran (Perbincangan Lingkungan Kepesisiran) yang hadir bersama dengan berbagai narasumber yang membahas tentang berbagai macam masalah kepesisiran. Program baru yang kedua yaitu belajar bersama PGSP. Program baru ini dihadirkan agar PGSP senantiasa dekat dengan masyarakat dalam memberikan informasi kepesisiran walaupun berada di masa pandemi.

Selain Virtual Tour PGSP juga menyelenggarakan program baru
Gambar 2. Bincang-bincang Pelesiran Bersama Tokoh Penggiat Pariwisata

 


Yuniarsita Setyo Wulandari
Edukator Kunjungan 
Parangtritis Geomaritime Science Park
Badan Informasi Geospasial