PGSP menuju Service Excellent for Client

Tahun 2019, PGSP kembali menyelenggarakan peningkatan kapasitas SDM dengan tema Service Excellent, Menuju Pelayanan Berkualitas di PGSP. Kegiatan tersebut ditujukan seluruh pegawai PGSP baik bagi staff PGSP, tenaga keamanan, dan tenaga kebersihan di lingkungan PGSP. Maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengupayakan terselenggaranya pelayanan prima dan berkualitas di PGSP mulai dari garda depan yaitu bagian keamanan sampai ke pelayanan internal dalam kantor PGSP. Peningkatan kapasitas SDM diselenggarakan pada tanggal 13-15 November 2019.

Peningkatan kapasitas SDM, secara garis besar dikemas menjadi 2 kegiatan yaitu kegiatan workshop dan studi lapangan. Kegiatan workshop diisi dengan materi mengenai service excellent dan praktek langsung. Narasumber dalam workshop yaitu Rani Dwi Hapsari dari Dinas Pariwisata Bantul sekaligus trainer dari Ranny Albany Public Speaking Class. Dalam sesinya, pemberian materi mengenai pemberian salam dan tips and trick menangani pengunjung dalam berbagai situasi. Tidak hanya staff PGSP yang diberi kesempatan untuk praktek namun juga dari tenaga kebersihan dan keamanan juga diberikan waktu untuk praktek dalam menangani berbagai situasi sesuai dengan kapasitasnya sebagai pegawai PGSP.

Peningkatan pelayanan di PGSP diharapkan dapat menjadi nilai tambah
Workshop Service Excellent untuk Pelayanan yang Berkualitas

Tidak sekedar workshop, dalam peningkatan kapasitas SDM diberikan juga kesempatan studi lapangan ke Malang. Beberapa museum di Batu, Malang, Jawa Timur dikunjungi sebagai sarana studi banding dan studi lapangan. Destinasi yang dikunjungi yaitu Museum Satwa, Jatim Park II, Museum Music, Jatim III, dan Museum Angkut. Dari destinasi yang dikunjungi, tim PGSP berkesempatan untuk melihat secara langsung mengenai pelayanan di garda depan seperti sapaan satpam, pengarah parkir, pelayanan di ticketing, petugas kebersihan di dalam area destinasi, pelayanan petugas dalam area museum, dan pelayanan di akhir kunjungan. Beberapa hal yang menarik dalam destinasi yang dikunjungi adalah tidak adanya edukator yang mengedukasi koleksi atau display dalam museum, seluruhnya termuat dalam teknologi visual maupun audiovisual.

Batu Malang menjadi tujuan PGSP untuk belajar pelayanan
Studi Lapangan Peningkatan Pelayanan Berkualitas di Batu Malang

Peningkatan Kapasitas SDM menjadi salah satu sarana penting yang memang harus diadakan setiap tahun, pasalnya kegiatan ini menjadi suatu sarana upgrading yang harus didapatkan dan diaplikasikan dalam pelayanan di PGSP. Pelayanan yang berkualitas akan memberikan citra yang baik bagi instansi dan juga pengunjung akan puas dan senang untuk berkunjung ke PGSP. Bila PGSP memberikan pelayanan yang berkualitas maka visi PGSP sebagai center of excellent for geospatial information technology, education, research, and innovation di bidang kepesisiran dan kelautan di Indonesia dapat terwujud secara sempurna. Tentu, semua pihak dalam lingkungan PGSP pun harus turut berperan mewujudkannya.

 


Bernike Hendrastuti
Pendamping Kunjungan dan Promosi
Parangtritis Geomaritime Science Park
Badan Informasi Geospasial