Program Kunjung Museum 2019 Dinas Kebudayaan Bantul

Rabu (18/09/2019) Museum Gumuk Pasir mendapat kunjungan 100 siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama. Kegiatan ini merupakan kegiatan Program Kunjung Museum yang merupakan salah satu program dari Dinas Kebudayaan Bantul. Kegiatan melibatkan 30 SMP yang ada di sekitar wilayah Bantul, setiap sekolah diambil 2 perwakilan dengan guru pendamping untuk mengikuti program Kunjung Museum 2019. Pada kesempatan kali ini, peserta akan diajak untuk mengunjungi Museum Gumuk Pasir dan Museum Hystori of Java.

Sekitar pukul 09.00 rombongan mulai memasuki Gedung Kerucut Museum Gumuk Pasir. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah menonton film tentang Potensi Pesisir Pantai Selatan. Kemudian diberikan materi dan diskusi terkait dengan fenomena gumuk pasir yang ada di Parangtritis. Kegiatan selanjuntya yaitu roundtrip di museum, pada kegiatan kali ini rombongan dibagi menjadi 2 agar pemberian materi terkait dapat berjalan optimal.

Program kunjung museum Dari Dinas Kebudayaan
Siswa Antusias Round Trip Museum Gumuk Pasir

Program Kunjung Museum 2019 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Bantul sangat bermanfaat bagi para pelajar dan guru karena mendapatkan informasi dan pengetahuan baru di museum. Manfaat lain dari program ini juga turut dirasakan oleh museum yang dikunjungi karena secara langsung membantu promosi museum kepada sekolah-sekolah yang saat ini terlibat dan hadir untuk kembali mengajak siswanya berkunjung di Museum Gumuk Pasir. Terima kasih Dinas Kebudayaan Bantul, semoga program-program seperti ini akan dapat terus berlangsung dan dapat bermanfaat bagi para pelajar dan guru.

 


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Science Park