Virtual Tour Museum Gumuk Pasir, Alternatif Edukasi Saat Pandemi

SLB N 1 Yogyakarta dan beberapa sekolah lain mengikuti Virtual Tour Museum Gumuk Pasir pada hari Jumat, 18 Maret 2022. Virtual Tour Museum Gumuk Pasir merupakan alternatif untuk mengedukasi pengunjung secara virtual. Virtual Tour Museum Gumuk Pasir dilakukan melalui aplikasi zoom meeting. Melalui Virtual Tour Museum Gumuk Pasir siswa diajak untuk berkeliling museum dengan melihat dan belajar tentang koleksi yang ada di museum.  Virtual Tour dibuka oleh guru dari SLB N 1 Yogyakarta dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selesai menyanyikan lagu Indonesia Raya, virtual tour dipandu oleh edukator Ayu. Penjelasan secara singkat mengenai Museum Gumuk Pasir dan Parangtritis Geomaritime Science Park menjadi hal pertama yang dilakukan. Tak lupa penjelasan mengenai proses terbentuknya gumuk pasir.

Video animasi Pak Barchan diputarkan untuk menambah wawasan siswa mengenai proses terbentuknya gumuk pasir. Usai melihat video animasi, siswa diajak untuk berkeliling museum bersama Edukator Linda. Siswa dapat melihat secara

detail setiap sudut museum dan koleksi apa saja yang dimiliki oleh museum. Sesi tanya jawab dilakukan setelah keliling museum. Pada sesi ini, siswa sangat antusias. Pertanyaan dapat ditulis dikolom chat maupun ditanyakan secara langsung. Penanya terpilih nantinya akan mendapatkan hadiah berupa e-money dari Parangtritis Geomaritime Science Park.

-Linda-