Wisata Parangtritis: Ciptakan Suasana Ketertiban Menyambut Libur Panjang

Rutinitas tahunan untuk Parangtritis adalah menyambut kedatangan wisatawan-wisatawan yang akan menghabiskan waktu liburannya. Sudah siapkah Parangtritis menyambut tamu? Melalui koordinasi Kecamatan Kretek, Parangtritis berupaya menciptakan suasan aman, damai, dan nyaman untuk para wisatawan yang akan berkunjung. “Semua lini dikerahkan untuk menciptakan suasana aman dan nyaman bagi seluruh pengunjung.” terang bapak Cahya Widada (Camat Kretek).

Instansi yang terlibat dalam koordinasi ketertiban bersama adalah Dinas Pariwisata, Tim SAR, Polsek, Koramil, PMI, PGSP, dan Puskesmas. Nantinya pas hari H juga akan dibantu beberapa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan aparat desa terkait. Setiap instansi dipastikan telah menyiapkan hal-hal yang akan mendukung kenyaman wisatawan. Beberapa posko nantinya juga akan didirikan untuk memberikan pelayanan kepada para wisatawan yang membutuhkan. Tim medis dan tim SAR juga selalu siap siaga berada titik-titik rawan. Seluruh petugas yang telah dipersiapkan harus didukung oleh para wisatawan yang cerdas. Setiap wisatawan harus selalu siaga terhadap keselamatan masing-masing. Setiap larangan yang diinstruksikan oleh petugas melalui tanda-tanda bahaya harus diindahkan. Tidak hanya mengenai keselamatan saja, namun kebersihan menjadi tanggungjawab bersama. Tidak boleh membuang sampah sembarangan. Sampah-sampah harus dibuang pada tempatnya yang telah disediakan oleh petugas.

Kenyamanan bersama harus diciptakan bersama-sama. Petugas telah bekerja maksimal untuk mengupayakannya, namun harus didukung oleh para wisatawannya. Semoga wisata Parangtritis menjadi destinasi yang selalu dituju saat berlibur. Tempat wisata yang aman dan nyaman menjadi dambaan bersama. Salam Geomaritime

-DSW-