Workshop Jurnalistik Mendorong Museum menjadi Lebih Kreatif

Selasa (25/02/2020), Badan Musyawarah Musea (BARAHMUS) DIY bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan Workshop Jurnalistik di Gedung Museum Pergerakan Wanita Indonesia. Workshop yang diselenggarakan diikuti kurang lebih 40 orang dari berbagai museum di Yogyakarta. Workshop jurnalisitk tersebut mengundang narasumber dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di antaranya Pak Suhono (Ketua PWI), Pak Hudono (Wakil Ketua PWI), dan Bramantyo (Wartawan Tribun Jogja).

Workshop diadakan dalam waktu sehari
Pemateri Workshop Jurnalistik Barahmus

Workshop jurnalisitk memaparkan banyak hal mengenai kepenulisan baik tulisan berita, future, maupun artikel. Beberapa materi yang disampaikan adalah mengenai tata penulisan, kode etik penulisan, dan foto jurnalistik. Masing-masing materi disampaikan sangat menarik dan memberikan brainstorming bagi peserta tentang makna menulis. “Menulis bukan menyoal tentang bakat, namun tentang seberap sering kita menulis” papar Pak Suhono dalam materinya. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Ibu Esti selaku moderator dalam workshop tersebut.

Workshop jurnalistik yan digelar oleh Barahmus DIY tersebut merupakan sarana meningkatkan kemampuan menulis pengelola museum. Dengan mempunyai skill menulis yang baik, museum akan lebih kreatif dalam mempromosikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Terlebih Barahmus telah memberikan wadah menulis bagi masing-masing museum melalui Buletin Barahmus yang diterbitkan setiap triwulan.

 


Bernike Hendrastuti
Pendamping Kunjungan dan Promosi
Parangtritis Geomaritime Science Park
Badan Informasi Geospasial