PGSP Menyambut Kunjungan Scouts of New Caledonia

Senin (3/2/2020), Parangtritis Geomaritime Science Park mendapat kunjungan istimewa dari rombongan Scouts Association of New Caledonia. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian perjalanan yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dalam rangka kunjungan persaudaraan dan persahabatan antar Gerakan pramuka. Rombongan yang dipimpin oleh Michel Reverce berjumlah 33 orang yang terdiri dari siswa pramuka mulai dari pemula, madya, utama.

Scouts of New Caledonia berkunjung dalam rangka pramuka
Kunjungan Scouts of New Caledonia Diakhiri dengan Foto Bersama

Pengunjung diajak berkeliling Museum Gumuk Pasir diawali dengan sambutan selamat datang di studio. Dalam studi, pengunjung juga melihat video proses terjadinya gumuk pasir lalu dilanjutkan dengan keliling museum. Rombongan sangat tertarik dengan infografis pemetaan dan berbagai alat pemetaan di lantai 2 gedung Museum Gumuk Pasir. Di lantai 2, pemandu menceritakan sejarah dan perkembangan pemetaan mulai dari menggunakan batu hingga saat ini sudah memanfaatkan satelit, bahkan perkembangan pemetaan juga berpengaruh terhadap kemudahan mobilitas orang. Yang menarik lainnya adalah alat stereoskop yang dapat dicoba masing-masing pengunjung. Mereka satu per satu berbaris untuk antri mencoba stereoskop dan menemukan hal menarik dalam foto udara Gumuk Pasir Parangtritis 1992.

Di lantai 4, pengunjung yang merupakan warga negara berbahasa Perancis tersebut melihat kondisi sekitar PGSP, yaitu kondisi gumuk pasir. Kondisi tersebut menarik perhatian, selanjutnya pemandu menjelaskan detail kondisi gumuk pasir melalui peta foto udara yang ada di Lorong Pengetahuan Museum Gumuk Pasir. Di penghujung kunjungan, PGSP memberikan cinderamata khas PGSP.

 


Bernike Hendrastuti
Pendamping Kunjungan dan Promosi
Parangtritis Geomaritime Science Park
Badan Informasi Geospasial