SD Bungkus Berolahraga Pagi di Kawasan Museum Gumuk Pasir

Rabu (20/02/2019) Pagi ini terlihat beberapa anak dari SD Bungkus sedang bermain di bukit pasir di belakang Museum Gumuk Pasir. Mereka tampak senang sekali dapat bermain bebas di pasir, berlari, mendorong, berteriak senang. Sesekali Bapak Guru Beni mengingatkan agar berhati-hati bermain.

Berolah Pagi di Kawasan Museum Gumuk Pasir
SD Bungkus Berkunjung ke Museum Gumuk Pasir

Setelah puas bermain di pasir, kemudian anak-anak diajak memasuki Gedung Kerucut. Mereka sangat senang bisa berkunjung di Museum Gumuk Pasir. Anak-anak kelas 3 ini sangat menikmati sajian film tentang kepesisiran dan gumuk pasir. Setalah melihat film, mereka berkeliling museum dengan ditemani edukator. Para siswa ini sangat senang dan antusias melihat koleksi dan gambar-gambar yang ada di museum. Mereka tidak sabar berebut untuk mencoba alat-alat Stereoskop untuk melihat lebih detail sebuah peta. Selain itu, mereka juga antusias mencoba simulator drone di Komputer.

Siswa-siswi SD Bungkus Antusias Memainkan Simulator Drone
Siswa SD Bungkus Mencoba Memainkan Simulator Drone

Anak-anak SD Bungkus memang tidak asing lagi dengan keberadaan gumuk pasir, karena lokasi mereka yang berdekatan. Tetapi tentunya sangat penting untuk mengajak mereka mengerti tentang pentingnya keberadaan gumuk pasir, agar kelak secara sadar anak-anak ini akan membantu pelestarian gumuk pasir. Edukasi Museum Gumuk Pasir tentang keberadaan gumuk pasir menjadi sangat penting terutama bagi masyarakat dan anak-anak yang tinggal di kawasan sekitar gumuk pasir. Adanya edukasi ini diharapkan masyarakat dan pengunjung Museum Gumuk Pasir dapat lebih bijak dalam mengelola dan melestarikan gumuk pasir sebagai bagian penting dalam kehidupan mereka.


Uun Tsani
Edukator Museum Gumuk Pasir
Parangtritis Geomaritime Scince Park